Waspada, Hujan Lebat Akan Melanda Indonesia Tiga Hari Ini

Warga di Jakarta dan sekitarnya harus mengantisipasi datangnya hujan.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat di sejumlah daerah di Indonesia, pada 6-8 Oktober 2016. 

Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus Subagyo Swarinoto dalam pernyataan di laman BMKG yang dikutip Kamis, 6 Oktober 2016. 

Dalam keterangan itu disebutkan, berdasarkan dinamika atmosfer yang ada terpantau indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Hujan lebat diprakirakan akan turun di wilayah Indonesia sebelah selatan equator dalam tiga hari ke depan. Wilayah yang diprakirakan diguyur hujan lebat yaitu Bengkulu, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur,  Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat.

BMKG meminta, masyarakat waspada  terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari hujan lebat, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang. 

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Tak hanya itu. BMKG juga mengingatkan para pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir. BMKG meminta mereka waspada terhadap potensi gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4,0 meter di Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan Nusa Tenggara Barat, Laut Arafuru bagian timur.

(mus)
 

Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi).

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Menurut laporan BMKG, untuk cuaca Jakarta saat pagi hari ini akan berawan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024