Pecinta Kopi Indonesia Siap Gelar Festival Kopi

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Craig Melville

VIVA.co.id – Kopi memang tengah populer di kalangan masyarakat. Bisa dibilang, tahun ini merupakan tahun keemasan kopi. Kedai kopi kini semakin mudah di temui di setiap sudut kota.

Terpopuler: Wanita Meninggal Terlalu Banyak Minum Air, Zodiak Selalu Cemas dalam Hidup

Hal ini, tentu memberi kesempatan baru Indonesia untuk mempromosikan hasil kopinya kepada seluruh masyarakat luas. Ya, Indonesia termasuk dalam lima besar produsen kopi di dunia. Banyak aneka kegiatan yang mulai membawa beberapa jenis kopi Indonesia salah satunya Rembug Kopi Nusantara (RKN).

RKN merupakan acara yang diinisiasi oleh Coffee Lovers Indonesia (CLI). Acara ini diadakan untuk mengenalkan ragam kopi lokal Indonesia dan menjadi upaya untuk menyatukan berbagai potensi komoditas kopi yang ada di Indonesia.

Menparekraf Gelar Festival Kopi di Manggarai, Mama-mama Ajak Pejabat Menumbuk

Dalam festival ini akan ada pameran produk kopi nusantara, demo roasting kopi, cupping taste bersama 100 penikmat kopi, lomba roasting, brewing, demo dan workshop latte art dan lomba busana batik. Tak hanya, itu kegiatan ini juga akan menunjuk satu orang duta kopi Indonesia.

"Diharapkan acara ini dapat memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia, sehingga pengusaha skala mikro, kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha bisnis kopi ini," ujar Lisa Ayodhia, selaku perwakilan dari CLI saat jumpa pers di gedung SMESCO, Jakarta Selatan, Rabu 5 Oktober 2016.

Jarang Disorot! Lembah Colol di NTT Surganya Kopi Dunia

Ia juga berharap, melalui acara ini masyarakat tidak hanya tahu beragam jenis kopi, tetapi juga proses pembuatan kopi mulai dari hulu hingga ke hilir.

"Ini penting dalam rangka menumbuhkan potensi UKM di bidang kopi. Kita punya 34 provinsi dan masing-masing punya ciri khas kopi. Mulai dari Aceh hingga Papua, semua bagian dari budaya, kegiatan ini bisa meningkatkan awareness budaya," ujar Armel Arifin, selaku perwakilan dari Lembaga Layanan Pemasaran KUKM SMESCO.

Rencananya, RKN akan diadakan selama tiga hari pada 13-15 Oktober 2016 di Exhibition Hall, SMESCO, RumahKU, Jakarta Selatan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya