Peringatan Hari Kemerdekaan RI

SBY Kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

VIVAnews- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Tahun 2009.

Acara ini pengukuhan dimulai dengan mengumandangkan Lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. SBY bertindak sebagai pembina upacara.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan lencana secara simbolis oleh SBY, sebelumnya para paskibra mengucap ikrar.

Dalam sambutannya, SBY  berpesan agar para paskibraka 2009 dapat melakukan tugas dengan baik. Dia juga berpesan agar para paskibraka terus mengobarkan jiwa patriotisme, cinta tanah air terhadap bangsa dan negara.

Paskibraka, kata SBY, juga dapat menjadi bagian untuk membangun peradaban yang mulia. "Teruslah memiliki semangat jiwa gigih dan tidak mudah menyerah," tambah dia.

Para paskibraka ini akan bertugas pada upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 64 pada 17 Agustus 2009 di Istana Merdeka dan Istana Negara. Mereka yang terpilih bertugas akan diumumkan pada 17 Agustus, sebelum pelaksanaan upacara.

Paskibraka adalah utusan dari 33 propinsi di seluruh Indonesia. Setiap propinsi mengirim 1 orang perwakilan putra dan putri. Anggota pengibar bendera rata-rata pelajar SMU kelas I dan kelas II yang berusia 16-18 tahun dan lulus seleksi yang diadakan oleh Tim seleksi daerah masing-masing.

Beberapa kriteria yang harus dipenuhi adalah kesehatan jasmani dengan tinggi badang putra minimal 170 cm dan maksimal 175 cm, tinggi putri minimal 165 cm dan maksimal 170 cm. Anggota paskibraka juga belum pernah menjadi anggota pengibar bendera di tingkat nasional maupun daerah.

Anggota paskibraka mengikuti pendidikan dan pelatihan persiapan Paskibraka pada 23 Juli hingga 20 Agustus 2009 di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Cibubur dan halaman Istana Merdeka Jakarta.

Pengukuhan ini juga dihadiri oleh Mensesneg Hatta Rajasa, Menteri Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi, Menteri Pendikan Nasional Bambang Sudibyo, Menkominfo M. Nuh, Menpora Adhyaksa Dault, Panglima TNI Djoko Santoso.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm
Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024