BMKG Lampung keluarkan Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem

Petugas BMKG tengah menganalisis prakiraan cuaca/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

VIVA.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memberikan peringatan terhadap warga masyarakat Lampung agar waspada terhadap cuaca buruk yang terjadi beberapa hari ini.

Emak-emak Rebutan Minyak Goreng hingga Pingsan di Lampung

Berdasarkan analisis kondisi atmosfer, terpantau indikasi munculnya potensi (hujan lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang) di sekitar wilayah Lampung dan sekitar perairannya dalam periode 3-4 hari ke depan.

"Untuk itu masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin," ujar Kepala BMKG Lampung Sugiyono kepada VIVA.co.id, Senin 3 Oktober 2016.

Ijtima Ulama di Lampung Dukung Sandiaga Uno Jadi Presiden 2024

Pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,0 meter – 5,0 meter di perairan barat Lampung hingga perairan Bengkulu, Samudera Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian selatan dan barat,

Untuk wilayah yang sudah sering tergenang banjir harus lebih meningkatkan kewaspadaan dini. Curah hujan sudah cukup tinggi dan ekstrem, banjir dan longsor bisa terjadi kapan saja.

Berkat Sandal dan Helm, Rampok yang Tembak Korban di Lampung Ditangkap

Apabila pada saat hujan turun dan tanah resapan sdh jenuh maka akan mudah akan terjadi banjir. Kewaspadaan terhadap bangunan tua, papan reklame, billboard dan pohon yang bercabang dan tua perlu dilakukan. “Jangan sampai terjadi korban akibat cuaca ekstrem tersebut,” ujarnya.

Ilustrasi korban mutilasi

Bocah 11 Tahun di Lampung Dibunuh, Kepala dan Jari Kaki Dimutilasi

Polisi pun sudah menangkap HA (26), tersangka pelaku mutilasi bocah berumur 11 tahun berinisial RP dengan bantuan warga.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022