Jalur Bandung - Garut Selatan Putus Akibat Longsor

Presiden Joko Widodo saat kunjungi korban Banjir Bandang Garut, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat

VIVA.co.id – Belum lagi reda bencana banjor bandang yang mengakibatkan 34 orang tewas dan 19 lainnya masih dinyatakan hilang, longsor menimbun jalan di Kampung Cikawung, Desa Girimukti, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut Jawa Barat. Akibatnya jalur Bandung menuju Wilayah Garut Selatan terputus total.

Prediksi Cuaca Buruk 12 Januari, Ini Tips Antisipasi Jika Banjir Lagi

Menurut Dudung (50) Warga Kecamatan Talegong, longsor berada di sekitar perbatasan Kecamatan Cisewu dan Talegong akibat hujan deras yang turun sejak Minggu, 2 Oktober 2016. Akibatknya akses dari Bandung melalui Kecamatan Talegong menuju wilayah lain di Garut Selatan terputus total.

"Ada longsor dari tebing yang menimpa badan jalan sehingga kendaraan tidak bisa melewati jalur tersebut,” kata dia,  Minggu 2 Oktober 2016.

19 Bocah Kecanduan Seks, Ina Liem: Itu Murni Kelalaian Orang Tua

Hal yang sama juga disampaikan Lukman, warga setempat bahwa saat ini terjadi antrean kendaraan baik dari arah Cisewu maupun Talegong akibat terhalang longsor. Panjang badan jalan yang tertutup longsor mencapai 50 meter dan lebar badan jalan yang tertimbun longsor sekitar 10 meter.

"Sudah ada antrean kendaraan, karena kendaraan tidak bisa lewat, " katanya.  Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi penerangan aliran listrik padam sehingga di lokasi kejadian gelap. Kendaraan yang akan memutar arah mengalami kesulitan akibat lebar jalan yang relatif sempit.

Dampak Cuaca Ekstrem, Bencana Longsor dan Banjir Meningkat
Ilustrasi hujan

BMKG: Waspada Hujan Lebat Dalam Sepekan ke Depan

Hujan lebat berpotensi turun di Jabodetabek pada 17-19 Januari 2020.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2020