Peringati Hari Batik, Ribuan Layang-layang Hiasi Langit Solo

Peringatan hari batik di Solo
Sumber :
  • viva.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Batik yang jatuh pada hari ini, Minggu 2 Oktober 2016. Salah satunya seperti yang dilakukan di Solo dengan membatik layang-layang.

Gaya Busana Dikritik, Intip 5 Padu Padan Kemeja Batik Atta Halilintar

Kegiatan membatik layang-layang merupakan bagian dari acara 'Laweyan Membatik Langit'. Artinya, layang-layang yang sudah dibatik selanjutnya diterbangkan ke udara.

Ketua panitia ‘Laweyan Membatik Langit’, Herwin Nugroho mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Batik. Salah satu kegiatannya adalah membatik diatas layang-layang.

Istiqomah Angkat Batik Jombang dengan Motif Kota Santri

"Kegiatan tersebut diikuti oleh para siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA di seluruh Kecamatan Laweyan," kata dia.

Selanjutnya Herwin menambahkan, sekitar 1.100 siswa tersebut sebelumnya mengikuti workshop membatik di masing-masing sekolahnya sebelum mendekati peringatan hari batik. Mereka membatik dengan media alas berupa layang-layang.

Jelang Konser di Indonesia, Vokalis Judas Priest Pakai Batik

"Ada lima motif batik pilihan yang harus digambar di layang-layang, yaitu, lar, truntum, ceplok, parang dan kawung. Dengan cara seperti ini maka para siswa akan mengenal motif-motif batik sejak dini," jelasnya.

Kegiatan untuk ‘Laweyan Membatik Langit’ alias menerbangkan layang-layang bermotif batik, dikatakan dia tidak dilakukan di satu titik, namun ada di beberapa titik. Selain para siswa acara ini juga diikuti oleh masyarakat umum dan para maestro batik di wilayah Kecamatan Laweyan.

"Titik untuk menerbangkan layang-layang itu ada di halaman Restoran Diamong, Makorem, Makodim, Lapangan Njegon Pajang, Lapangan Jajar, Lapangan Kota Barat dan lainnya," ucapnya.

Selain menerbangkan layang-layang, dalam acara tersebut juga dilakukan kegiatan membatik di atas kain sepanjang sekitar 10 meter. Membatik di atas kain tersebut dilakukan oleh para tamu undangan dan para pembatik profesional. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya