TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Fase Kepulangan, Sektor Khusus Sisir Jemaah di Nabawi

Penyisiran (sweeping) dilakukan guna memastikan jemaah tak tertinggal.
Fase Kepulangan, Sektor Khusus Sisir Jemaah di Nabawi
Jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

VIVA.co.id – Fase kepulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua ke Tanah Air mulai berlangsung sejak Jumat malam, 30 September 2016. Jemaah haji yang pertama kali diberangkatkan dari hotel tempat menginap ke Bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah adalah Kloter 35 Embarkasi Surabaya (SUB 35).

Selanjutnya, secara bertahap hingga 15 Oktober 2016, akan berlangsung proses pemulangan jemaah haji Indonesia. Selama proses itu, proses penyisiran atau sweeping jemaah Indonesia juga dilakukan.

Terutama bagi kloter-kloter yang jemaahnya belum lengkap terdata, sehingga tidak tertinggal di Tanah Suci. Tidak terkecuali yang dilakukan petugas Sektor Khusus Masjid Nabawi.

Penyisiran di kawasan Masjid Nabawi dilakukan karena menjadi fokus ibadah jemaah haji selama di Madinah. Di Masjid Nabawi, jemaah haji menjalankan ibadah arbain dan juga berziarah ke makam Rasulullah SAW serta para sahabatnya.

Kepala Sektor Khusus Masjid Nabawi, Slamet Budiono Sabar, mengatakan, penyisiran dilakukan jika ada informasi dari petugas sektor atau kloter terkait jemaahnya yang belum lengkap.

"Jika mendapat laporan, kami akan sweeping baik di dalam maupun luar area Masjid Nabawi," kata Slamet kepada tim Media Center Haji di Masjidil Haram, Jumat 30 September 2016.

Slamet mengatakan, penyisiran bahkan juga dilakukan di area terdekat dengan Masjid Nabawi, seperti di beberapa lokasi perbelanjaan. "Kami siap sweeping untuk kelancaran kepulangan jemaah haji," tuturnya.

Sementara itu, hingga Sabtu 1 Oktober 2016 pukul 10.00 waktu Arab Saudi atau 14.00 WIB, sudah tiga kloter yang diberangkatkan ke Tanah Air dari Bandara Madinah. Jumlah jemaah sebanyak 1.325 orang dan petugas kloter 15 orang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP