TUTUP
TUTUP
NASIONAL

45 Jemaah Haji via Filipina Belum Bisa Pulang ke Indonesia

Otoritas Filipina masih akan melakukan pemeriksaan terhadap jemaah ini
45 Jemaah Haji via Filipina Belum Bisa Pulang ke Indonesia
ILustrasi/Jemaah haji Indonesia tiba di tanah air usai menunaikan ibadah di Arab Saudi (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

VIVA.co.id – Kementerian Agama Indonesia mencatat ada 45 jemaah haji Indonesia kini telah tiba di Filipina, negara tempat keberangkatan mereka pertama. Ototritas setempat masih belum bisa memulangkan puluhan jemaah tersebut ke Indonesia.

"Ini kan menyangkut kewenangan otoritas Filipina. Mereka berkepentingan bisa tahu menyeluruh soal kasus ini, sehingga kemudian bisa tahu titik kelemahan, dalam upaya memperbaiki sistem imigrasi (Filipina) ke depan," ujar Lukman di Jakarta, Jumat, 30 September 2016.

Diketahui, total warga negara Indonesia yang berangkat ibadah haji lewat Filipina mencapai 700 orang. Seluruhnya diduga berangkat dengan menggunakan kuota haji milik Filipina dan juga diduga menggunakan paspor ilegal.

Lukman mengaku, pemerintah telah membentuk tim lintas kementerian untuk penanganan perkara pemberangkatan haji lewat Filipina tersebut.

"Di antara mereka ada yang tahu bahwa itu ilegal tapi tetap melakukan. Bahkan ada yang justru ambil keuntungan dari praktik ini. Jadi sedang didalami, Bareskrim Polri telah menurunkan tim untuk investigasi," kata Lukman.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP