45 Jemaah Haji via Filipina Belum Bisa Pulang ke Indonesia

Ilustrasi/Jemaah haji Indonesia tiba di tanah air usai menunaikan ibadah di Arab Saudi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id – Kementerian Agama Indonesia mencatat ada 45 jemaah haji Indonesia kini telah tiba di Filipina, negara tempat keberangkatan mereka pertama. Ototritas setempat masih belum bisa memulangkan puluhan jemaah tersebut ke Indonesia.

Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

"Ini kan menyangkut kewenangan otoritas Filipina. Mereka berkepentingan bisa tahu menyeluruh soal kasus ini, sehingga kemudian bisa tahu titik kelemahan, dalam upaya memperbaiki sistem imigrasi (Filipina) ke depan," ujar Lukman di Jakarta, Jumat, 30 September 2016.

Diketahui, total warga negara Indonesia yang berangkat ibadah haji lewat Filipina mencapai 700 orang. Seluruhnya diduga berangkat dengan menggunakan kuota haji milik Filipina dan juga diduga menggunakan paspor ilegal.

Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Lukman mengaku, pemerintah telah membentuk tim lintas kementerian untuk penanganan perkara pemberangkatan haji lewat Filipina tersebut.

"Di antara mereka ada yang tahu bahwa itu ilegal tapi tetap melakukan. Bahkan ada yang justru ambil keuntungan dari praktik ini. Jadi sedang didalami, Bareskrim Polri telah menurunkan tim untuk investigasi," kata Lukman.

Waspada Kejahatan Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Lebaran
Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Berikut lima berita terpopuler VIVA.co.id kanal news sepanjang Sabtu, 13 April 2024. Terpopuler soal syarat Iran agar tak jadi menyerang Israel.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024