TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Risma Dorong Pelajar SMK Produksi Motor untuk Difabel

"Motornya ini unik dan nyaman dikendarai."
Risma Dorong Pelajar SMK Produksi Motor untuk Difabel
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mencoba motor untuk disabilitas (VIVA.co.id/ Januar Adi Sagita)

VIVA.co.id – Kemampuan generasi muda Indonesia dalam melakukan inovasi teknologi terus menciptakan decak kagum dan rasa bangga. Beragam teknologi berhasil tercipta untuk membuat kehidupan lebih baik.

Salah satunya motor untuk kaum difabel, yang diciptakan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan di Surabaya. Motor ini diinovasi dari roda dua menjadi roda tiga, sehingga tak perlu menopang kaki saat berhenti. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pun dibuat kagum dengan karya mereka.

“Motornya ini unik dan nyaman dikendarai, tentu akan sangat membantu saudara-saudara kita penyandang difabel,” kata Risma, di Balai Kota Surabaya, Kamis, 29 September 2016.

Risma berharap teknologi semacam itu bisa terus dikembangkan. Sebab, inovasi ini bisa membantu mereka dalam menjalani kehidupan.

Saat melihat motor itu, Risma tanpa segan mencoba motor beroda tiga tersebut. Risma terlihat senang mencoba motor itu berkeliling halaman Balai Kota Surabaya.

“Sudah banyak anak-anak SMK yang membuat teknologi untuk orang disabilitas. Ke depannya, kita akan mengarahkan untuk membuat desain dan membuat produk,” ujar Risma.

Sementara itu, salah seorang inovator motor ini, M. Syamsudin, mengatakan dia membutuhkan waktu tujuh bulan merancang motor tersebut, dan mengubahnya dari standar. 
Dalam proses pengerjaannya, dia pun mengungkapkan sejumlah tantangan dalam mengubah motor matic ini.

“Misalnya untuk menyesuaikan antara kerangka dengan bodi itu cukup sulit. Sebabnya karena pembautan yang kurang tepat, dan posisi yang terkadang miring,” kata Syamsudin. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP