JK Boleh Jenguk Irman, KPK Bantah Beri Hak Istimewa

Pelaksana Harian Biro Hubungan Masyarakat KPK, Yuyuk Andriati Iskak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id –  Komisi Pemberantasan Korupsi membantah memberikan keistimewaan pada Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjenguk Ketua DPD RI, Irman Gusman, di Rumah Tahanan KPK yang berada di Pomdam Guntur Jaya, Manggarai, Kamis, 29 September 2016. 

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Sebelumnya beberapa kolega Irman yang anggota DPD RI tak diberikan izin menjenguk tersangka penerima suap itu.

"Kemarin itu kan masih tujuh hari pertama masa tahanan. Masih ada pengenalan lingkungan. Di mana pada tujuh hari pertama ini, itu baru keluarga dan penasihat hukum yang menjenguk. Sekarang sudah dibuka untuk kolega lain," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andirati di kantornya, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

Meski diperkenankan kolega tahanan untuk membesuk di Rutan KPK, penyidik juga menerapkan syarat, yakni dengan persetujuan penyidik sesuai daftar yang diajukan tahanan tersebut.

"Tapi tetap dengan persyaratan. Jadi tahanan setiap kali memberikan daftar siapa saja akan menjenguk, nanti penyidik yang berikan izin," kata Yuyuk. 

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Sementara Jusuf Kalla, sambung Yuyuk, sudah mengajukan izin membesuk Irman kepada penyidik. Meski mengaku belum membaca surat pengajuannya secara utuh, Yuyuk menduga Kalla membesuknya dalam kapasitas sebagai kolega.

“Mungkin sebagai kolega. Saya tidak membaca suratnya. Untuk keperluan apa untuk menjenguk. Tapi saya rasa sebagai kolega," jelas Yuyuk.

Untuk diketahui, Irman kini ditahan di Rutan KPK yang berada di Pomdam Guntur Jaya. Dia ditahan pasca ditetapkan menjadi tersangka suap rekomendasi kuota distribusi gula impor di Padang, Sumatera Barat, dua pekan lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya