Kabut Asap Ganggu Arus Lalu Lintas di Jalan Sumatera

Ilustrasi/Bencana kabut asap di Indonesia 2015
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA.co.id – Dampak kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sawahlunto Sumatera Barat mulai berdampak pada pengguna kendaraan di jalur lintas barat Sumatera. Kabut asap pekat membuat membuat jarak pandang menjadi terbatas dan membahayakan pengguna kendaraan.

Gubernur Laporkan Informasi Semua Kejadian Bencana di Sumbar kepada Presiden

Dari pantauan, kebakaran di kawasan hutan Sawahlunto yang berjarak 95 kilometer dari Kota Padang Sumatera Barat ini terjadi di beberapa titik yakni di kawasan perbatasan Kota Sawahlunto dengan Sijunjung, lalu di Desa Kolok dan Desa Rantih.

"Sudah dua hari terakhir terjadi kebakaran. Kami terus berpatroli menjaga keamanan pengendara," kata anggota Satlantas Polres Sawahlunto Bripda Beni, Kamis, 29 September 2016.

Naik 52 Persen, 415.451 Kendaraan Lintasi Tol Trans Sumatera Per H-1 Lebaran 2024

Lokasi kebakaran hutan di Sawahlunto cukup membahayakan. Sebabnya, kawasan hutan yang terbakar berada di atas tebing. Dengan kemiringan mencapai 80 derajat. Sehingga dikhawatirkan ada sisa kayu terbakar yang jatuh ke badan jalan.

"Kami khawatir ada kayu yang menggelinding. Sejauh ini api sudah sedikit padam di dalam hutan," kata Beni.

Petugas Damkar Meninggal Dunia Usai Padamkan Kebakaran di Gedung LBH Jakarta

Donal Caniago/Sumatera Barat

Pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar 8 ruko dan 1 unit rumah di Jalan Tanjungpura, Pontianak, Kalbar, Rabu 10 April 2024 dini hari. (Istimewa)

Warga Nekat Lompat dari Lantai 2, Selamatkan Diri dari Si Jago Merah

Sebanyak 8 ruko dan 1 unit rumah hangus dilalap si jago merah usai malam takbiran di Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Rabu, 10 April 2024. Lalu warga terpaksa lompat

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024