Tak Dikenali, Dua Jasad Korban Banjir Garut Tetap Dimakamkan

Pemakaman dua korban tewas akibat banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Rabu, 28 September 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id - Dua jasad korban banjir bandang di Kabupaten Garut yang tak teridentifikasi dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Burujul, Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut, pada Rabu, 28 September 2016. Kedua jenazah itu terpaksa dikuburkan meski belum dikenali identitasnya karena kondisinya sudah membusuk.

Miris! Video Pria Berdiri di Atas Rumah yang Hanyut Terbawa Arus Banjir

Tim Disaster Victim Identifcation (DVI) Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menyatakan tidak ada keluarga yang mengakui kedua jenazah itu sampai hari ke-8 disimpan di Rumah Sakit Umum Daerah dr Slamet Garut. Kondisi jenazah cepat membusuk karena alat pendingin mayat di rumah sakit itu rusak akibat terdampak banjir bandang.

"Walaupun kami sudah terus mencoba memberikan es, tidak ada hasil," kata Komisaris Polisi Muhamad Ichsan, Kepala Urusan Kedoteran Forensik Sub Kedokteran Kepolisian DVI Polda Jabar, usai pemakaman itu.

Terpopuler: 3 Negara Musuh AS Latihan Perang Bareng, Penampakan Banjir Bandang Grobogan

Kedua jenazah itu hanya dikenali jenis kelaminnya, yakni perempuan. Tidak ada perkiraan usia. Masing-masing adalah jenazah ke-29 dan 33 yang ditemukan Waduk Jati Gede, Sumedang, Jawa Barat. Namun pemakaman sudah melalui prosedur seharusnya.

Polisi mencatat ciri-ciri lengkap kedua jenazah itu. Warga diminta melapor kepada petugas Posko Antemortem DVI Rumah Sakit TNI Guntur jika merasa kehilangan anggota keluarga mereka.

Curah Hujan Tinggi, Perbaikan Tanggul Jebol Pemicu Banjir Bandang di Grobogan Dikebut

Sementara itu, korban tewas ke-34 yang ditemukan di Waduk Jati Gede, Sumedang, diketahui bernama Nani (perempuan, berusia 70 tahun), warga Kampung Leuwidaun, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut.

Banjir yang melanda menenggelamkan salah satu jembatan penghubung di Sumbawa

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Banjir bandang dan tanah longsor kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2024