Pejabat Pemkab Garut Bertanggung Jawab Picu Banjir Bandang

Foto Udara Kondisi Banjir Bandang di Garut, Kamis (22/9/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jawa Barat, meminta Pemerintah Kabupaten Garut bertanggung jawab atas pembangunan fisik tanpa izin lingkungan di kawasan hulu sungai Cimanuk.

Miris! Video Pria Berdiri di Atas Rumah yang Hanyut Terbawa Arus Banjir

Kepala BPLHD Provinsi Jawa Barat Anang Sudarna menjelaskan, di kawasan tersebut banyak pembangunan tak mengantongi izin lingkungan, melainkan hanya izin usaha.

“Mengeluarkan izin usaha tanpa izin lingkungan itu jelas pidana, ada aturannya. Sudah saya cek  tidak ada izin lingkungannya, artinya pejabat yang mengeluarkan bisa dipidana,” ungkap Anang di Bandung, Jawa Barat, Rabu, 28 September 2016.
 
Selain kawasan DAS Cimanuk, Anang mengungkapkan, pembangunan di kawasan konservasi diduga turut melanggar. Menurutnya, pembangunan di Taman Wisata Alam diperbolehkan asal mengikuti ketentuan teknis yang sudah tertuang dalam peraturan pusat.
 
“Bangunan misalnya, tidak boleh permanen dan mengubah bentang alam, itu jangan dilanggar. Saya sudah menyarankan ke Kementerian (Lingkungan Hidup) agar ini diinvestigasi agar tahu persis duduk persoalannya, sehingga solusinya tepat,” terangnya.

Terpopuler: 3 Negara Musuh AS Latihan Perang Bareng, Penampakan Banjir Bandang Grobogan

BPLHD Jawa Barat berencana menggelar koordinasi secara menyeluruh dengan Kementerian LH, Pemerintah Kabupaten Garut dan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengevaluasi berdasarkan perspektif lingkungan.

Dari sana, diharapkan tercipta road map dan rencana untuk menyelesaikan persoalan lingkungan di Garut. 

Curah Hujan Tinggi, Perbaikan Tanggul Jebol Pemicu Banjir Bandang di Grobogan Dikebut

“Dalam road map itu nanti nampak siapa berbuat dan bertanggung jawab apa, kalau hutan lindung lead-nya ya Perhutani, kalau konservasi ya BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), kalau lahan masyarakat ya itu Pemkab Garut,” ujarnya.

Banjir yang melanda menenggelamkan salah satu jembatan penghubung di Sumbawa

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Banjir bandang dan tanah longsor kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2024