TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Sudah 276 Jemaah Haji Indonesia Wafat

Tambahan 4 jemaah wafat tercatat pada 27 September 2016 pukul 08.00.
Sudah 276 Jemaah Haji Indonesia Wafat
Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah (VIVA.co.id/Arinto)

VIVA.co.id – Jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci bertambah. Tambahan empat jemaah wafat tercatat pada Selasa 27 September 2016 hingga pukul 08.00 waktu Arab Saudi.

Berdasarkan data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kesehatan, dari data yang tercatat per Selasa pagi tersebut, jumlah jemaah wafat sudah mencapai 276 orang.

Empat tambahan jemaah itu, dua orang wafat di Rumah Sakit Arab Saudi, Mekah dan masing-masing seorang wafat di pemondokan di Madinah serta Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).  

Penyebab wafatnya empat jemaah haji itu, dua orang di antaranya akibat gangguan pernapasan. Tercatat, dalam dua hari terakhir, jemaah haji yang wafat bertambah 18 orang.

Tambahan empat jemaah haji yang wafat tersebut adalah Tjutju Sudarsa bin Odjon (76). Tergabung dalam Kloter 43 Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 43).

Sementara itu, Idat Hidayat bin Gosang, tergabung dalam Kloter 45 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 45). Wafat di usia 59 tahun.

Dua jemaah lainnya yang wafat, Zulkarnain bin Ahmad Soleh Siregar (63). Tergabung dalam Kloter 14 Embarkasi Kualanamu, Medan (MES 14). Selanjutnya, Mustain bin Kerto Kesan (84), wafat di KKHI. Mustain tergabung dalam Kloter 43 Embarkasi Surabaya (SUB 43).     

Sementara itu, karena cuaca masih panas, jemaah haji yang berada di Madinah diimbau untuk membatasi aktivitas di luar pemondokan. Aktivitas dimaksud adalah yang terkena langsung dengan sinar Matahari.

Ketua kloter juga diharapkan mengingatkan kepada jemaah kategori risiko tinggi untuk meningkatkan perbaikan gizi. Selain itu, mereka diimbau untuk menghindari cuaca panas agar terhindar dari heat stroke.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP