Ada 389 Wisatawan di Lokasi saat Gunung Barujari Meletus

Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani Lombok meletus
Sumber :
  • PVMBG

VIVA.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut saat Gunung Barujari --anak Gunung Rinjani-- di Lombok meletus siang tadi, diperkirakan terdapat 389 wisatawan yang tengah berada di lokasi.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Segera Dibuka

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, berdasarkan informasi sementara dari Seksi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sejak 25-27 September 2016, terdapat 389 orang wisatawan yang terdiri dari 333 wisatawan mancanegara dan 56 orang wisatawan lokal. Mereka dilaporkan masuk melalui pintu Sembalun.

"Saat ini BPBD Provinsi NTB bersama BPBD Lombok Timur, TNGR, Kepolisian, Pos Pengamatan Gunung Rinjani, dan relawan masih melakukan koordinasi untuk mengetahui kondisi wisatawan atau pengunjung yang masih berada di gunung," kata Sutopo, Selasa 27 September 2016.

Cerita Ditemukannya Durian Gundul di Indonesia, Dikira Buah Beracun

Menurutnya, dengan adanya rekomendasi di dalam radius tiga kilometer harus dikosongkan maka semua wisatawan atau pengunjung harus keluar. "Setiap harinya ratusan orang bahkan bisa ribuan berada di Gunung Rinjani. Pada 25 Oktober 2015 lalu, saat Gunung Rinjani ditetapkan status Waspada, petugas mengevakuasi paksa 1.113 orang wisatawan keluar dari zona berbahaya," kata dia.

Usai letusan tadi siang kondisi Bandara Internasional Lombok tetap normal. Abu vulkanik tipis menyebar ke banyak tempat karena angin cukup kencang. Sementara aktivitas masyarakat dikatakan tetap normal.

Awan Lentikularis Muncul di Gunung Rinjani
Gunung Rinjani.

Niat Tahun Baru di Gunung Rinjani, Seorang Mahasiswa Tewas Terjatuh

Pendaki asal Surabaya ini terjatuh dari pendakian Gunung Rinjani di kilometer 7,5 di bawah Pelawangan, Senaru.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2021