Gunung Barujari Meletus, Enam Penerbangan Dibatalkan

Gunung Barujari dilihat dari Pelawangan Senaru, Lombok Utara
Sumber :
  • Antara/ Budi Afandi

VIVA.co.id – Dua penerbangan menuju Australia dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, dibatalkan. Pembatalan penerbangan itu merupakan imbas dari meletusnya Gunung Barujari di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada pukul 14.45 WITA.

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Kepala Otoritas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yusfiandri Gona, menuturkan, pembatalan tersebut telah dikonfirmasikan maskapai terkait. Mengenai alasannya, ia menyebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada dua penerbangan tersebut.

"Ini merupakan keputusan maskapai setelah mendengarkan secara langsung penjelasan soal letusan Gunung Barujari tersebut," kata Yusfiandri, Selasa 27 September 2016.

Jelajahi Keajaiban Alam dan Budaya di Kota Paling Cerah di Australia Pakai Tiket Hemat

Dua penerbangan yang telah konfirmasi pembatalan terbang yakni Virgin Air dengan nomor penerbangan VA 046 dari Denpasar dengan tujuan Brisbane, Australia. Penerbangan ini rencananya berangkat dari Denpasar pada pukul 21.30 WITA, namun dibatalkan dan belum diputuskan untuk waktu penerbangan berikutnya. Penerbangan kedua yang melakukan pembatalan yakni maskapai yang sama, yakni Virgin Air dengan nomor penerbangan VA.070, yang akan berangkat dari Denpasar dengan tujuan Sidney pada pukul 11.10 WITA.

Maskapai ini sedianya akan mengangkut sekira 174 penumpang, namun dibatalkan sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Sementara untuk penerbangan lainnya hingga saat ini masih berjalan normal dan lancar.

Terbang Tinggi! Vietjet Air Raih Penghargaan Manajemen Keuangan dan Penerbangan

Selain melakukan pembatalan penerbangan, ada satu maskapai asal Australia yang juga membatalkan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Ada empat pesawat yang batal terbang, yakni Jet Star dengan nomor penerbangan JQ 37 dari Sydney, Jet Star dengan nomor penerbangan JQ 116 dari Perth, Jet Star dengan nomor penerbangan JQ 57 dari Brisbane, dan Jet Star dengan nomor penerbangan JQ 127 dari Adelaide. 

"Sebenarnya ini merupakan keputusan dari maskapai sendiri sebagai langkah antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Seperti diberitakan, Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, kembali meletus pada pukul 14.45 WITA. Aktivitas vulkanik Gunung Barujari cukup meningkat dengan amplitudo sebesar 52 milimeter dan meletus melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dari puncak Gunung Barujari. 

Abu vulkanik tampak menyembur condong ke arah Barat Daya dan bisa memengaruhi aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya