Wiranto: Tak Usah Tanya Cara Selamatkan Sandera

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto, meminta publik tak resah dengan nasib lima warga negara Indonesia yang disandera kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina. Pemerintah terus bekerja keras untuk menyelamatkan mereka dan diharapkan semua bisa segera bebas.

Ternyata TNI Ikut Terlibat Selamatkan 4 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

"Kerja terus, jadi tidak usahlah nanya caranya bagaimana (menyelamatkan sandera). Kita doakan biar bisa lepas dari penyanderaan itu," kata Menteri kepada wartawan di Jakarta pada Selasa, 27 September 2016.

Dia mengimbau masyarakat cukup memanjatkan doa agar lima warga Indonesia itu segera dibebaskan dan berkumpul dengan keluarganya. "Doakan saja yang lima segera menyusul (bebas dan selamat)," katanya.

Anggota DPR Respons Penyelamatan 3 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Empat orang yang lebih dahulu dibebaskan, kata Wiranto, telah kembali ke rumah masing-masing dan berkumpul bersama keluarganya.

Empat warga Indonesia itu dibebaskan kelompok penyandera, Abu Sayyaf, pada Minggu, 18 September 2016. Mereka, antara lain, Lorens Lagadoni Koten, Teodorus Kopong Koten, dan Emanuel Arakian Maran warga Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Herman Manggak warga Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Seorang WNI yang Diculik Abu Sayyaf Belum Diketahui Nasibnya

Mereka nelayan yang bekerja di kapal ikan Malaysia. Lorens, Teodorus, dan Emanuel diculik di perairan Lahad Datu pada 9 Juli 2016. Sedangkan Herman Manggak diculik dari perairan Sandakan pada 3 Agustus 2016.

Kementerian Luar Negeri RI telah menyerahterimakan mereka kepada perwakilan keluarga masing-masing. Serah terima dilakukan Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir, di Jakarta pada Senin, 26 September. (ase)

Ilustrasi - Karyawan memeriksa kondisi suhu envirotainer berisi bahan baku vaksin COVID-19 buatan Sinovac saat tiba di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 20 Juni 2021.

Kaleidoskop 2021: Lonjakan COVID-19, KRI Nanggala hingga Herry Cabul

Sepanjang 2021, terjadi berbagai peristiwa yang menjadi perhatian, mulai dari lonjakan kasus COVID-19, tenggelamnya KRI Nanggala-402 hingga terkuaknya kasus asusila.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021