TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Waspada, Gunung Sampah di Depok Rawan Longsor

Hujan deras dan kapasitas sampah yang berlebih bisa membuat longsor
Waspada, Gunung Sampah di Depok Rawan Longsor
Para pekerja dan pemulung sedang berada di TPA Cipayung Depok Jawa Barat. Saat ini TPA dengan luas 11 hektare ini menampung 700 ton sampah warga setiap hari. (VIVA.co.id/Zahrul Darmawan)

VIVA.co.id – Gunungan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung, Depok, Jawa Barat membahayakan. Ancaman longsor sewaktu-waktu bisa terjadi. Apalagi di sejumlah titik kini mulai ada retakan akibat pergeseran tanah.

Menurut Kepala Unit Pelayanan Teknis TPA Cipayung, Iyay Gumilar, ancaman longsor tersebut ditengarai oleh ketidakmampuan TP menampung sampah di lokasi. Tak cuma itu, kondisi hujan yang deras juga membuat kondisinya semakin mengkhawatirkan.

“Perhari kami terima sampah sampai 700 ton. Ini sudah over kapasitas, jika dibiarkan terus akan semakin parah. Yang kami takutkan adalah longsor, agar tidak menimbulkan korban. Yang rawan itu kalau hujan deras," ujar Iyay, Selasa, 27 September 2016.

TPA Cipayung Depok ini telah beroperasi sejak tahun 1980-an. Saat ini, lahan seluas 700 hektare itu menampung seluruh sampah warga di kawasan Cipayung, Depok dan sekitarnya. Dengan volume sampah per hari sekitar 700 ton.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP