Para Golfer Peserta Golf Challenge 2016 Terpukau Alam Bintan

Keindahan pulau Bintan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Ratusan golfer yang ikut perhelatan Wonderful Indonesia Bintan Golf Challenge 2016 terlihat sumringah di hari pelaksanaan, Minggu 25 September 2016. Para peserta yang mayoritas wisatawan mancanegara itu sangat terpukau dengan lapangan golf dan alam Bintan, Kepulauan Riau. Perhelatan tersebut dilaksanakan di tiga tempat lapangan golf, yaitu Laguna Bintan Golf Club, Ria Bintan Golf Club, dan Bintan Lagoon Golf.

Pertumbuhan Ekonomi Bali Duduki Peringkat ke-6 dari 34 Provinsi di Indonesia

”Fasilitasnya lengkap, alamnya sangat menawan, dikombinasikan dengan pantai-pantai yang memiliki bebatuan yang bagus. Tidak membuat pemain bosan saat pertandingan, Lapangan di Bintan sangat indah,” ujar salah satu peserta asal Malaysia, Imran Rosadi Rowi  yang menjadi peserta di Ria Bintan Golf Course.

Untuk para jawara, Laguna Bintan Golf  Club diraih oleh Achmad Wibisonodengan Novelty NTP Hole #17 Achmad Wibisono dengan distance 24 cm, nearest to line #11 Mr.Karyanto dengan distance 90,4 cm. Sementara untuk bess nett, pemenangnya adalah 5th place Imron Rosadi Rowi, 4th place Ahmad Yani, 3rd place Sukaryono, runnerup-nya adalah Candy dan Championnya adalah Tua Polin.

Pemasukan Devisa Bisa Bertambah, Indonesia Harus Contoh Korsel dan Thailand di Bidang Ini

Untuk di lapangan Ria Bintan Golf Club, nearest to the pin-nya hole #12 diraih oleh Zulkifly Aly, nearest to the line hole #11 diraih oleh Saprita Neraas.  Sedangkan Best Nett Champion diraih oleh Hebron, Best Nett runner up diraih oleh Giancarlo Roggiolani, Best Nett 3rd Place diraih oleh Mirwan Iskandar, Best Nett 4th  Place Toto Lim, dan Best Nett 5th Place milik James Soosay.

Sementara di Lapangan Bintan Lagoon Golf, Winner diraih oleh Adi Prihantara, 1st Winner Afrizet, 2rdWinner Raja Muhammad, 3rd Winner Arifin Nurdin dan 4th Winner diraih oleh Dalmasri Syam. Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira mengaku bahwa perhelatan ini merupakan agenda yang akan terus dilakukannnya dengan konsisten di setiap tahun.

Menhub Sambangi Sri Mulyani Bahas IKN hingga Pembangunan LRT di Bali

”Ini adalah salah satu kalender sport tourism kami dan bisa mendatangkan wisatawan mancanegara. Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang terus mendukung kami,” ujar Luki.

Dalam acara pembukaan, pemukulan bola asap dan foto bersama menjadi tanda pembuka perhelatan Wonderful Indonedia Bintan Golf Challenge yang di laksanakan pada tiga lapangan Golf, Ria Bintan Golf Course, Laguna Bintan Golf Course, Bintan Lagoon Golf Course.

Pemukulan bola dilakukan oleh Kepala sub Bidang Festival Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara, Kementerian Pariwisata, Dusep Mulya. pemukulan bola asap juga dilakukan oleh Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam. Hadir di acara pembukaan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti dan Kepala Dinas Pariwisata Kab Bintan Luki Zaiman Prawira.   

”Golf adalah salah satu pilihan sport tourism yang pas untuk menjaring wisman Singapore, Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan serta wisatawan lainnya. Olahraga ini sangat populer dan mahal di negara mereka. Jadi mereka akan berbondong-bondong untuk datang ke sini di kemudian hari,” kata Dusep Mulya, yang mewakili Kemenpar.

Dalam acara penutupan, banyak doorprize dan hadiah yang dibagikan panitia. Terlihat semua peserta sumringah dan happy dengan hadiah-hadiah yang dibagikan. Kementerian Pariwisata memberikan target Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk terus meraup wisatawan yang banyak. Saat ini Kepri masuk dalam tiga besar penyumbang devisa untuk sektor pariwisata di bawah Bali dan Jakarta.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, tiga besar penghasil devisa untuk pariwisata tahun 2014 adalah Bali, Jakarta, dan Kepri.

Untuk meraih target tersebut, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Guntur Sakti telah bertindak dengan menggelar berbagai acara Sport Tourism yang terus digenjot. Selain Sport Tourism, salah satunya menggenjot kunjungan yacht-yacht asing masuk ke Kepri melalui Nongsa Point Marina dan Bintan. Belum lagi Anambas dan Natuna sangat potensial mengundang wisman pengguna yacht masuk ke sana.  

"Kepri itu hanya 4 persen daratan. Sisanya laut, jadi kita akan berusaha terus untuk meningkatkan wisatawan," katanya.

Pihaknya juga terus bermain dengan digital. Kepri terus melaksanakan kompetisi kreatif bagi kalangan komunitas dan umum untuk mempromosikan pariwisata Kepri melalui media sosial. "Sehingga nantinya bukan tangan-tangan pemerintah yang bekerja tetapi nitizen di sosial media yang bekerja. Ini sedang kami genjot terus," katanya.

"Pesona wisata Kepri memang memukau. Apalagi kelebihan Kepri berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Kalau dibenahi dan dipersolek, kunjungan wisatawan ke Kepri bisa meningkat. Kami bertekad bisa jadi penyumbang wisman terbesar kedua setelah Bali," kata Guntur.

Seperti diketahui, turnamen Wonderful Indonesia Bintan Golf Challenge 2016 bisa menjadi daya pikat yang hebat melalui pintu Great Batam yang selama ini sudah didatangi 20 persen wisman.

Menpar Arief Yahya menyampaikan sport event dan sport tourism itu sangat erat kaitannya. Hasil survei menunjukkan bahwa 60 persen peserta sport event, datang kembali ke Indonesia untuk menjadi wisman. Karena itu selain ada value di eventnya, juga ada potensi dinpost event dan punya media value yang tinggi. "Kembangkan terus sport tourism seperti Golf ini," kata Arief Yahya, Menpar RI. (webtorial)          

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya