TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Jemaah Wafat di Tanah Suci Jadi 269 Orang

Tambahan 11 jemaah wafat tercatat per Senin 26 September 2016.
Jemaah Wafat di Tanah Suci Jadi 269 Orang
Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah (VIVA.co.id/Arinto)

VIVA.co.id – Jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kini mencapai 269 orang. Jumlah jemaah haji wafat itu bertambah 11 orang dibanding data per Minggu 25 September 2016 sebanyak 258 jemaah.

Berdasarkan data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kesehatan, dari data yang tercatat pada Senin, 26 September 2016, pukul 06.00 waktu Arab Saudi, tujuh jemaah haji wafat di Rumah Sakit Arab Saudi Mekah.

Sementara itu, dua jemaah wafat di pemondokan Mekah, satu jemaah di pemondokan Madinah, serta seorang di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Penyebab wafatnya 11 jemaah haji itu sebagian besar karena gangguan jantung. Beberapa di antaranya akibat gangguan pernapasan. Mayoritas jemaah yang wafat berusia lanjut.

Sebelumnya, Kepala Daerah Kerja Madinah, Nasrullah Jasam, juga mengimbau jemaah haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan yang tidak perlu. Aktivitas dimaksud adalah yang terkena langsung dengan sinar Matahari.

Nasrullah, mengatakan, ketua kloter juga diharapkan mengingatkan kepada jemaah kategori risiko tinggi untuk meningkatkan perbaikan gizi. Selain itu, mereka diimbau untuk menghindari cuaca panas agar terhindar dari heat stroke.

"Untuk jemaah haji yang mengidap penyakit tertentu agar memiliki kecukupan obat dan mengonsumsi secara teratur," kata Nasrullah dalam keterangannya di Madinah, Minggu 25 September 2016.

Nasrullah menjelaskan, imbauan ini mengacu kepada surat dari kepala bidang kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, terkait upaya menjaga kesehatan bagi jemaah haji.

Selain itu, Nasrullah menambahkan, cuaca yang cukup panas di Madinah dan pertimbangan kondisi fisik jemaah yang menurun pasca Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) perlu diantisipasi para jemaah sebelum pulang ke Tanah Air.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP