TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Paus Terdampar Hebohkan Warga

Warga menyewa kapal untuk membawa bangkai paus ke tengah laut.
Paus Terdampar Hebohkan Warga
Paus terdampar (VIVA.co.id/Ifan Gusti)

VIVA.co.id – Warga kelurahan Ome, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, Minggu, 25 September 2016, dihebohkan dengan penemuan seekor mamalia raksasa jenis paus bungkuk terdampar di bibir pantai Togam kelurahan setempat .

Paus dengan ukuran panjang 9 meter itu ditemukan warga terdampar dengan keadaan sudah mati dan membusuk. Diduga matinya paus ini karena termakan usia .

"Kemungkinan sudah mati selama dua hari, sebelum terdampar paus terlihat mengapung,” kata saksi mata yang diketahui bernama Ibrahim.

Lantaran aroma bau busuk yang menyengat dari bangkai paus tersebut, warga berinisiatif melakukan upaya mendorongnya ke lautan lepas dengan peralatan seadanya. Namun, beratnya bobot paus tersebut membuat upaya yang dilakukan sia-sia.

"Saya mendapat laporan dari warga bahwa ada ikan Ngun Sore (paus) terdampar, karena sudah busuk warga pun turun ke lokasi untuk mengevakuasi bangkai ikan ke laut, tapi sangat sulit akibat beratnya ikan, dan harus menggunakan alat berat " kata Lurah kelurahan Ome, AL Zufri Abdulah saat ditemui VIVA.co.id di lokasi.

Upaya yang dilakukan warga untuk mengangkat bangkai paus selama sehari pun gagal, sehingga mereka berpatungan uang sebesar Rp20 ribu untuk menyewa kapal untuk menarik bangkai ikan paus ke tengah laut. Sebelumnya, di lokasi yang sama pernah terdampar paus yang sama.

Laporan: Ifan Gusti/Maluku Utara

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP