Paus Terdampar Hebohkan Warga

Paus terdampar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ifan Gusti

VIVA.co.id – Warga kelurahan Ome, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, Minggu, 25 September 2016, dihebohkan dengan penemuan seekor mamalia raksasa jenis paus bungkuk terdampar di bibir pantai Togam kelurahan setempat .

Heboh Ratusan Paus 'Berkerumun' di Bibir Pantai

Paus dengan ukuran panjang 9 meter itu ditemukan warga terdampar dengan keadaan sudah mati dan membusuk. Diduga matinya paus ini karena termakan usia .

"Kemungkinan sudah mati selama dua hari, sebelum terdampar paus terlihat mengapung,” kata saksi mata yang diketahui bernama Ibrahim.

Tiga Opsi Penanganan Bangkai Paus Raksasa Mati di Perairan Asahan

Lantaran aroma bau busuk yang menyengat dari bangkai paus tersebut, warga berinisiatif melakukan upaya mendorongnya ke lautan lepas dengan peralatan seadanya. Namun, beratnya bobot paus tersebut membuat upaya yang dilakukan sia-sia.

"Saya mendapat laporan dari warga bahwa ada ikan Ngun Sore (paus) terdampar, karena sudah busuk warga pun turun ke lokasi untuk mengevakuasi bangkai ikan ke laut, tapi sangat sulit akibat beratnya ikan, dan harus menggunakan alat berat " kata Lurah kelurahan Ome, AL Zufri Abdulah saat ditemui VIVA.co.id di lokasi.

Paus Mati Terdampar di Skotlandia, Ada 100 Kilogram Sampah di Perutnya

Upaya yang dilakukan warga untuk mengangkat bangkai paus selama sehari pun gagal, sehingga mereka berpatungan uang sebesar Rp20 ribu untuk menyewa kapal untuk menarik bangkai ikan paus ke tengah laut. Sebelumnya, di lokasi yang sama pernah terdampar paus yang sama.

Laporan: Ifan Gusti/Maluku Utara

7 Paus terdampar di New York

Sebulan, Sudah 7 Paus Terdampar & Mati Di Pantai New York

Dalam kurun waktu satu bulan, sudah terdapat sedikitnya 7 paus bungkuk yang terdampar di Jersey Shore, New York, mengenai aktivitas lepas pantai terhadap kehidupan laut.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2023