TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Posko Pengungsi Banjir Garut Mulai Ditinggalkan

Pasca bendana warga terdampak kesulitan air bersih
Posko Pengungsi Banjir Garut Mulai Ditinggalkan
Kondisi Garut, Pasca Banjir Banjar Hebat (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

VIVA.co.id – Memasuki hari kelima pasca bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat, warga terdampak mulai meninggalkan tempat pengungsian di dua posko utama. Yaitu posko pengungsi di markas Korem 062 Tarumanegara dan Kodim 0611 Garut. 

"Kemarin sempat puncak pengungsi sampai lebih dari 300 orang, tapi seiring waktu ada sebagian dijemput warga, hingga kini relatif menurun jumlahnya," ujar Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Garut, Budiman, dalam perbincangan dengan tvOne, Minggu, 25 September 2016.

Para pengungsi yang pergi umumnya beralasan tinggal sementara di rumah kerabat terdekat.

Sementara untuk pengungsi yang masih berada di dalam lokasi pengungsian, masih akan dilayani relawan dari beragam lembaga. "Memberikan bantuan dalam bentuk food item, maupun non food item," jelas Budiman.

Menurut Budiman, pasca bencana ini, warga kini mulai kesulitan mendapatkan akses air bersih. Untuk itu, pihaknya sudah menyebar sembilan tangki air. "Ini untuk memenuhi air bersih masyarakat di 9 titik lokasi bencana."

Selain itu, pihaknya juga membangun delapan fasilitas mandi, cuci, dan kakus di beberapa tempat. Fasilitas ini disediakan untuk kebutuhan sanitasi warga terdampak bencana.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP