Posko Pengungsi Banjir Garut Mulai Ditinggalkan

Kondisi Garut, Pasca Banjir Banjar Hebat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA.co.id – Memasuki hari kelima pasca bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat, warga terdampak mulai meninggalkan tempat pengungsian di dua posko utama. Yaitu posko pengungsi di markas Korem 062 Tarumanegara dan Kodim 0611 Garut. 

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

"Kemarin sempat puncak pengungsi sampai lebih dari 300 orang, tapi seiring waktu ada sebagian dijemput warga, hingga kini relatif menurun jumlahnya," ujar Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Garut, Budiman, dalam perbincangan dengan tvOne, Minggu, 25 September 2016.

Para pengungsi yang pergi umumnya beralasan tinggal sementara di rumah kerabat terdekat.

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

Sementara untuk pengungsi yang masih berada di dalam lokasi pengungsian, masih akan dilayani relawan dari beragam lembaga. "Memberikan bantuan dalam bentuk food item, maupun non food item," jelas Budiman.

Menurut Budiman, pasca bencana ini, warga kini mulai kesulitan mendapatkan akses air bersih. Untuk itu, pihaknya sudah menyebar sembilan tangki air. "Ini untuk memenuhi air bersih masyarakat di 9 titik lokasi bencana."

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Selain itu, pihaknya juga membangun delapan fasilitas mandi, cuci, dan kakus di beberapa tempat. Fasilitas ini disediakan untuk kebutuhan sanitasi warga terdampak bencana.

Warga melihat kondisi pascabanjir lahar dingin atau 'Galodo' dari Gunung Marapi menerjang Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam, Sumatera Barat, Jumat (5/4/2024). Banjir lahar dingin ini menerjang kawasan pemukiman dan memutus ruas jalan Bukitti

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Banjir lahar dingin Gunung Marapi atau yang disebut 'Galodo' oleh warga setempat menerjang beberapa daerah di lereng Gunung Marapi, Sumatera Barat.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024