TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Marching Band Kini Iringi Prosesi Ganti Pasukan Jaga Istana

Marching band SMP Suluh dan M2B Bekasi terpilih menjadi yang perdana
Marching Band Kini Iringi Prosesi Ganti Pasukan Jaga Istana
Marching Band SMP Suluh memeriahkan prosesi pergantian jaga Paspampres di Istana (VIVA.co.id/ Shintaloka Pradita Sicca)

VIVA.co.id – Serah terima tugas jaga lingkungan Istana Merdeka Kepresidenan oleh Pasukan Pengaman Presiden, kali ini memiliki nuansa berbeda. Sebab, untuk pertama kalinya pergantian jaga diiringi marching band dari SMP Suluh, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Brigadir Jenderal (Mar) Bambang Suswantono mengatakan, marching band dihadirkan untuk memeriahkan seremonial bulanan ini. Marching band yang tampil pun dihadirkan tanpa melalui seleksi tertentu.

"Pada hari ini seremoni prosesi serah terima jaga istana cukup ramai. Kami sengaja mengundang adek-adek (Marching Band) dari Jabodetabek untuk memeriahkan. Bebas, enggak ada seleksi untuk mengisi acara," ucap Bambang di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 25 September 2016.

Menurutnya, pelibatan marching band pelajar sekolah ini dilakukan untuk menambah menarik prosesi pergantian jaga. Sebelumnya, pergantian jaga selalu digelar terbuka untuk publik mulai Juli 2016, setiap Minggu pekan kedua. Tapi, prosesi ini berjalan tanpa iringan musik.

"Tadinya hanya kita-kita sendiri, alangkah baiknya kalau kita mengundang sekolah yang punya Marching Band untuk tampil baik sebelum prosesi serah terima atau setelah selesai acara serah terima tugas jaga istana," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, anggota marching band dari SMP Suluh Vidia dan Kesya, mengungkapkan bahwa mengiringi pergantian jaga di depan Istana Merdeka menjadi pengalaman pertama yang membuat mereka bangga dan senang.

"Rasanya senang, bangga. Persiapannya dari Rabu kemarin karena baru dikasih tahu. Latihannya setiap hari dari pulang sekolah, kalau Sabtu karena libur dari pagi sampai sore," ucap siswi-siswi kelas IX Suluh ini.

Dalam pertunjukan ini, para pelajar SMP Suluh menampilkan lagu 'Maju Tak Gentar', 'Hari Merdeka', dan 'Indonesia Pusaka'.

Adanya iringan marching band ini, membuat prosesi pergantian Paspampres yang berjaga di lingkungan Istana Kepresidenan, menjadi perhatian warga yang sedang menikmati Jakarta dalam acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Pergantian pasukan kali ini merupakan pergantian pasukan keempat kalinya yang ditampilkan secara terbuka di halaman depan Istana Merdeka.

Pantauan VIVA.co.id prosesi ini diawali dengan marching band SMP Suluh, kemudian diakhiri pelajar dari M2B Bekasi. Setelah pertunjukkan marching band selesai, satu regu Paspampres yang akan bertugas keluar dari pintu sisi kanan Istana. Kemudian, disusul satu regu Paspampres yang telah usai bertugas. Mereka lalu keluar dari pintu utama Istana.

Dalam prosesi ini, kedua regu sempat menampilkan sejumlah atraksi, seperti pengecekan senjata, amunisi, kerapian seragam, hingga lempar senjata. Serah terima ini dipimpin Komandan Kompleks Istana, Kapten Marinir Kep. Edy.

Setelah prosesi pergantian berakhir, warga yang menyaksikan seremonial ini diberi kesempatan berfoto bersama para penjaga istana selama 10 menit.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP