Gandeng Blogger, Web Official Interaksi dengan Pengunjung

Pulau Bintan.
Sumber :
  • http://noniq.blogspot.com

VIVA.co.id – Bintan dan Batam adalah salah satu lokasi pintu masuk wisatawan di tanah air. Sebanyak 20 persen wisatawan yang menstample passport atau visa ke Indonesia melalui pintu terdepan yang dikenal dengan Great Batam tersebut. Paham betul dengan kondisi itu, Pemerintah Bintan terus melakukan berbagai inovasi.

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

”Kita sudah jauh-jauh hari melakukan Go Digital, semua kita sudah punya, apalagi sekarang sesuai dengan arahan Bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya, bahwa kita harus masuk Go Digital semakin membuat kami membuka mata kepada dunia dengan sosial media,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bintan, Luki Zaiman Prawira, Sabtu 24 September 2016.

Seperti diketahui, pasca Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-3 Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Econvention, Ecopark Ancol Jakarta pada 15-16 September 2016 yang lalu, seluruh elemen pariwisata harus tancap gas dengan dunia digital. Luki mengatakan bahwa pihaknya langsung merespon hal tersebut bahkan sudah jauh-jauh hari sudah menggarap hal tersebut. Kata Luki, web official Bintan sudah ada, fanpage facebook dan twitter sudah punya, instagram juga sudah dipilah dan diisi dengan foto yang bagus, berbagai tampilan promosi di youtube, maka perangkat promosi digital di pariwisata Bintan dalam kondisi on the track.

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

”Namun apa yang baru kami lakukan adalah berinteraksi dengan blogger, bersama-sama berselancar di dunia maya,” ujar Luki.

Official web milik Bintan adalah www.bintantourism.com juga mudah diakses dan akan dibuat berinteraksi dengan pengunjung.

Siap Mendunia, Bohemia Fashion Week Pertemukan Desainer Lokal Bali dengan Rusia dan Armenia

”Kami sudah membuat tim untuk menangani ini, kami akan buat semua serba interaksi dan canggih,” ujar pria yang ramah kepada wartawan itu.

Bintan dan Batam punya berbagai tempat yang seksi, pantai yang indah dan bersih, serta banyak lapangan golf yang berkelas dunia. Sebut saja Laguna Bintan Golf Club, Ria Bintan Golf Club, Bintan Lagoon Golf, Indah Puri Golf, Tering Bay Golf, Palm Spring Golf, Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf, Padang Sukajadi Golf Bintan Golf Club, Bintan Lagoon Golf Club, Laguna Bintan Golf Club, Puri Golf, Tering Bay Golf, Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf,  dan  Padang Sukajadi Golf semuanya indah dengan perpaduan alam yang ciamik.

”Semua kalender event juga kami tata dengan baik di web, jadi sudah pasti kami akan konsentrasi di digital untuk melayani semua wisatawan dengan info dan petunjuk yang lengkap. Bahkan kami sudah bekerja sama dengan pengelola ruang tunggu BRC di Ferry Terminal Tanah Merah Singapore. Disana sudah ada TV informasi yang salah satu item di dalamnya memuat Calender of Events in Bintan. Selain itu, jika kita menggunakan smart phone, anda bisa mendownload aplikasi untuk mengetahui pariwisata bintan. Dan salah satu aplikasi bernama Bintan Island," katanya.

Seperti diketahui, jika  pariwisata itu ibarat celana, maka kantong kanan Bali, kantong kiri Jakarta, kantong belakang Kepri. Tiga kantong utama itu acap disebut 3 Greater. Selain membuat kantong-kantong baru, salah satu yang didorong Menpar Arief Yahya adalah memperbesar kapasitas kantung yang sudah ada.

“Dengan Go Digital kita berpromosi, dan saya juga instruksi kepada semua perangkat pemerintahan untuk melek tekhnologi dan segera aktif di dunia maya,” kata Luki.

Hal senada diungkapkan pelaku wisata di Bintan General Grup Manager  PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab. Dia mengatakan, semua teknis pemesanan hotel, publikasi media yang efektif sampai ke ponsel calon wisatawan, koordinasi dengan panitia pelaksana Sport Tourism di Bintan sudah dilakukan dengan cara digital dan digital.

”Sampai pemesanan Hotel di wilayah kami mereka lakukan dengan cara digital, kita memang sudah waktunya beralih dan sudah semestinya siap dengan kondisi ini. Dan pemerintah Bintan sudah sangat paham betul dengan kondisi ini, ini sinergi yang baik dan terus ditinggkatkan,” ujar Abdul Wahab. (webtorial)                        

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya