TUTUP
TUTUP
NASIONAL

RI Usulkan Enam Perbaikan Layanan Haji ke Saudi

Pemerintah Arab Saudi merespons positif dan akan menindaklanjuti.
RI Usulkan Enam Perbaikan Layanan Haji ke Saudi
Perwakilan haji Indonesia bertemu wakil Kementerian Haji Arab Saudi (Dokumentasi Media Center Haji)

VIVA.co.id – Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dinilai sudah sesuai rencana. Namun, masih ada beberapa perbaikan yang harus dibenahi pemerintah Arab Saudi.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia yang diwakili Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis, didampingi Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi, Ahmad Dumyathi Bashori, serta Kepala Daerah Kerja Madinah, Nasrullah Jasam, mengunjungi Kementerian Haji Arab Saudi di Madinah. Kunjungan itu terkait beberapa usulan perbaikan layanan haji.

Dalam pertemuan dengan Wakil Kementerian Haji dan Umrah Bidang Ziarah Abdurrahman Bijawi, Sri Ilham menyampaikan poin-poin perbaikan terkait layanan yang telah dan akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia.

Usulan-usulan tersebut antara lain, pertama, kontrak layanan bus upgrade dari bandara Madinah ke hotel dan sebaliknya disepakati. Kedua, penataan bagasi jemaah serta kursi roda akan diatur sesuai permintaan.

“Diharapkan ada koordinasi lebih awal, antara PPIH dengan pihak terkait,” ujar Sri Ilham usai pertemuan itu di Madinah, Sabtu, 24 September 2016.

Usulan ketiga, slot time penerbangan, ke depan dilakukan secara elektronik. Keempat, catatan perbaikan dan lain-lain diminta untuk disampaikan satu per satu.

Kelima, finger print tahun ini masih diambil karena sebagian besar negara asal jemaah tidak menyerahkan datanya. Peristiwa tahun lalu banyak jemaah sulit dikenali identitasnya. Untuk itu, saat ini sidik jari jemaah diambil semua.

Keenam, menurut Sri Ilham, dimintakan agar penempatan jemaah dalam bus sudah bisa disosialisasikan kepada jemaah sebelum diberangkatkan atau saat di pesawat untuk memudahkan pengaturan paspor.

Sementara itu, Wakil Kementerian Haji dan Umrah Bidang Ziarah Abdurrahman Bijawi menyambut positif usulan perbaikan tersebut dan kementerian akan langsung menindaklanjutinya.

“Kami juga mengapresiasi kepada misi haji Indonesia karena sudah bekerja sama dengan baik selama musim haji ini,” ucap Bijawi.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP