NASIONAL

Penghargaan Achmad Bakrie 2009

Terobosan Medis Agustinus Soemantri

Bukan lamanya pengabdian yang membuat Agustinus Soemantri layak mendapatkan PAB 2009.

ddd
Kamis, 13 Agustus 2009, 15:25
Soemantri
Soemantri  

VIVAnews - Freedom Institute didukung oleh Bakrie Untuk Negeri memberikan Penghargaan Achmad Bakrie 2009 kepada lima anak bangsa berprestasi karena ketekunan dan sumbangan luar biasa bagi masing-masing bidang.

Mereka adalah Sajogyo bidang pemikiran sosial, Agustinus Soemantri bidang kedokteran, Pantur Silaban bidang sains, Warsito P Taruna bidang teknologi, dan Danarto bidang kesustraan.

Kategori Kedokteran akan diberikan kepada Agustinus Soemantri, bukan karena pengabdiannya mengobati selama puluhan tahun, namun karena terobosannya yang luar biasa.

Berikut profil Agustinus Soemantri.

*******

Agustinus Soemantri adalah dokter di Rumah Sakit Karyadi, Solo, Jawa Tengah. Dia juga masih mengajar di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

Soemantri mendapat  Penghargaan Achmad Bakrie tahun ini karena merintis terobosan medis di tiga bidang, yaitu pencangkokan sumsum tulang belakang, pencangkokan sel punca (stem cell), dan kepeloporan dalam pemahaman tentang zat besi bagi pertumbuhan anak.

Salah satu anggota dewan juri, Hamid Basyaib menjelaskan studi yang dilakukan Soemantri telah melahirkan rintisan cangkok sumsum tulang belakang untuk penderita talasemia dan leukimia pada 1987.

Memang Soemantri bukan yang menemukan teknik cangkok sumsum tulang belakang, namun dia telah merintis penerapan metodenya. "Hingga kini Soemantri telah menerapkan metode ini pada sekitar 400 pasien," kata Hamid, saat memberikan keterangan pers Penghargaan Achmad Bakrie 2009 di kantor Freedom Institute, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Agustus 2009.

Soemantri sedang merintis cangkok cangkok liver dan sel punca. Metode ini sudah dipakai di berbagai negara tetapi belum pernah diadopsi di Indonesia. Karena dinilai akan mengundang perdebatan kontroversial.

Penghargaan Achmad Bakrie akan digelar Jumat, 14 Agustus 2009, di Hotel Nikko, Jakarta. Menurut perwakilan dari VIVA Grup, Ardie Bakrie, acara penyematan penghargaan itu akan ditayangkan di tiga media.

"Ini nanti akan disiapkan tiga layar. Besok, antv akan live pada pukul delapan malam dari Hotel Nikko. TvOne akan tampil dalam rubrik khusus di hari Minggu, dan di VIVAnews akan tayang dalam live streaming dalam rubrik cangkang," ujar dia.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id