Jaringan Noordin Rekrut 15 Remaja Bogor

Kisah Empat 'Calon Pengantin' dari Bogor

VIVAnews - Terkuaknya identitas bomber Hotel JW Marriott, Dani Dwi Permana, remaja 18 tahun yang tinggal di Kompleks Telaga Kahuripan, Bogor Jawa Barat mengungkap fakta lain, Dani bukan satu-satunya 'calon pengantin'. Si perekrut, Ustad Saefudin Jaelani (SJ) ternyata juga merayu 15 remaja, yang masih teman main Dani.

Belum semua dari 15 nama itu terungkap. Penelusuran VIVAnews di Bogor, baru diketahui empat nama yakni Rizki, Wildan, Heri, dan juga Dani. Nasib Dani sudah jelas, jago basket itulah yang meledakan bom di Marriott. Hanya bagian kepala dan kaki yang ditemukan di lokasi kejadian.

Peristiwa tragis yang dialami Dani membuat syok 'calon pengantin' lainnya, salah satunya Rizki. "Dia sangat syok dengan peristiwa ledakan bom. Apalagi pelakunya diketahui temannya sendiri, Dani," kata penjaga keamanan Telaga Kahuripan, Wakijo.

Rizki pun memilih mengurung diri. Menurut Wakijo, remaja itu ada di sekitar kompleks, namun dia urung keluar.

Menurut salah satu sumber yang ditemui VIVAnews saat pemakaman Dani, Rizki sempat ke dibawa SJ ke Jakarta, berdua dengan Dani, sepekan sebelum ledakan di Marriott dan Ritz Carlton. Rizki pun sempat bertemu dengan Ibrohim alias Boim, salah satu tokoh dominan dalam tragedi Jumat 17 Juli 2009.

"Rizki bahkan sempat bertemu dengan Ibrohim di Jakarta, kemungkinan di Mampang (Jakarta Selatan)," kata sumber itu. Beruntung, nasib Rizki tak setragis Dani, yang mati bunuh diri Hotel JW Marriott.

Rizki, seperti halnya Dani terlihat akrab dengan Saefudin Jaelani sejak di Masjid As-Surur, Telaga Kahuripan, Bogor, Jawa Barat. Dua remaja itu bahkan yang paling akrab hubungannya dengan SJ.
 
Kedekatan ketiganya bisa digali dari cerita salah satu 'calon pengantin, Heri. "Hampir setiap hari, Dani dan Ustad ngobrol berdua," kata Heri kepada VIVAnews.

Apa yang diperbincangkan, Heri kurang tahu.  Obrolan akrab antara Dani dan Saefudin Jaelani itu sering juga dihadiri Rizki. "Kalau mereka (Dani dan Saefudin Jaelani) ngobrol berdua, lalu datang Rizki. Mereka terus berbincang bertiga. Dan saya tidak tahu apa yang mereka bicarakan," ujar remaja berkacamata ini.

Heri mengatakan dia juga sempat diajak ke Jakarta. "Ngajak ke Jakarta untuk mencari sesuatu. Tapi waktu itu tidak ada ajakan jihad," kata Heri.

Setelah mencium gejala yang tidak baik, Heri memilih menolak ajakan itu dan menjauh. "Saya melihat ada yang tidak beres dengan Pak Ustad, saya langsung menjauh," ujar Heri. Keputusan untuk menghindar itulah yang belakangan sangat disyukuri remaja yatim piatu itu.

Selain Dani, Rizki, dan Heri, ada lagi satu nama yakni Wildan. Namun, sampai saat ini nasib Wildan tak jelas. Hingga kini warga tak tahu dimana Wildan berada.

"Bukan hanya Rizki yang hilang, kini Wildan pun sampai sekarang belum diketahui keberadaannya," kata tetangga Dani, Entis Sutisna, saat ditemui di perumahan Komplek Telaga Kahuripan, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 13 Agustus 2009.

Kini sang ustad jadi buruan polisi, dia diduga merupakan anggota jaringan Noordin M Top. Mengambil alih tugas sang pimpinan, Saefudin Jaelani bertugas mencari para 'calon pengantin'. Dani dan Ikhwan Maulana alias Nana, bomber Ritz Carlton dipercaya sebagai hasil rekrutan SJ.

Seperti apa sosok SJ? Menurut Lili, kakak ipar Heri, dalam pengajiannya di Masjid As Surur, SJ seringkali mengajak jamaahnya berjihad. "Saya sempat melihat ceramah si ustad SJ. Dia mengajak di pengajian itu untuk berjihad," kata Lili di Kompleks Telaga Kahuripan, Bogor, Jawa Barat, Kamis 13 Agustus 2009.

Tak hanya itu, SJ juga memperlakukan trio Bom Bali, Amrozi, Imam Samudra, dan Ali Ghufron sebagai pahlawan. Menurut SJ, pelaku Bom Bali 2002 yang menewaskan setidaknya 202 orang itu pahlawan dan mati syahid. "Saya juga melihat di masjid itu ada gambar Amrozi, Imam Samudera, dan Ali Gufron," kata Lili.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

Laporan: Ayatullah Humaini (Bogor)

VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024