TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Masjid Nabawi Makin Sesak, Jemaah Haji Tak Kaget

Meski, ada 1-2 jemaah yang masih bingung mencari jalan pulang ke hotel
Masjid Nabawi Makin Sesak, Jemaah Haji Tak Kaget
Suasana jemaah haji di Masjid Nabawi, Madinah. (VIVA.co.id/Arinto)

VIVA.co.id – Satu hari setelah mulai berdatangannya jemaah haji gelombang kedua di Madinah, suasana di Masjid Nabawi makin sesak. Apalagi, hari ini banyak jemaah yang menjalankan salat Jumat.

Tidak hanya dari Indonesia, banyak jemaah dari negara lain, seperti India dan Bangladesh yang memenuhi kawasan Masjid Nabawi. Saat pelaksanaan salat Jumat pun pelataran masjid penuh terisi jemaah.

Kondisi masjid yang penuh sesak itu, ternyata ikut memicu sebagian kecil jemaah haji Indonesia kebingungan. Terlihat beberapa jemaah diantar ke pos Sektor Khusus Nabawi, untuk selanjutnya didata dan dipulangkan ke hotel masing-masing.   

Kebanyakan dari mereka adalah jemaah usia lanjut. Dari yang lupa letak pintu saat pertama kali masuk, hingga terpencar dengan suaminya.

Namun, kasus jemaah haji kebingungan itu bisa dihitung dengan jari. Secara umum, jemaah tidak kaget dengan suasana baru, meski masih perlu adaptasi. Bahkan, saat didata di pos Sektor Khusus Nabawi, wajah mereka masih tetap ceria.

Bisa jadi, karena sebelumnya, saat prosesi haji di Mekah, jemaah sudah terbiasa dengan suasana di Masjidil Haram. "Hari ini relatif lancar, kalau ada paling 1-2 jemaah," kata Kepala Sektor Khusus Masjid Nabawi, Slamet Budiyono Sabar, di Masjid Nabawi, Jumat, 23 September 2016.

Slamet menjelaskan, kalaupun ada jemaah yang masih kebingungan, umumnya mereka bisa pulang sendiri setelah ditunjukkan arah pintu terdekat dengan hotelnya. Namun, untuk beberapa jemaah lanjut usia, kepulangan mereka diantar langsung oleh petugas.

Jumlah jemaah haji yang memadati Madinah, secara berangsur-angsur akan bertambah. Mengingat, akan ada sekitar 67 ribu jemaah yang melaksanakan ibadah arbain, sebelum kembali ke Tanah Air.

Untuk itu, petugas akan terus meningkatkan kewaspadaan dan kesigapannya, sehingga jemaah haji dapat menjalankan ibadah dengan lancar. “Secara umum, masih aman-aman saja,” kata Slamet.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP