Gangguan Saat Pilkada Serentak, Kepala BIN: Pasti Ada

Rapat paripurna DPR menyutujui pencalonan Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

VIVA.co.id – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, guna membahas isu dan persiapan pilkada serentak 2017. Gangguan keamanan saat pilkada menjadi pembahasan utama dalam pertemuan ini.

Keluarga Korban KM Sinar Bangun Bisa Coblos di TPS Tigaras
BG, panggilan akrab Budi Gunawan mengatakan, potensi gangguan selama masa menjelang hingga akhir pilkada, dipastikan akan selalu ada. Namun, jajarannya telah siap mengantisipasi potensi-potensi gangguan tersebut dengan berbagai cara.
 
Mendagri Tjahjo Tegaskan Isu Sara Racun Demokrasi
"Semua potensi gangguan dan ancaman pasti ada, namun potensi ancaman tersebut sudah kita sampaikan kepada seluruh aparat di wilayah sesuai dengan spotnya masing-masing. Tentu, semua itu sudah diambil langkah deteksi, maupun peringatan dini," ujar BG
 
Cagub Sumut Demokrat JR Saragih-Ance Selian Mendaftar ke KPU
Selain itu, BG juga menjelaskan, langkah-pangkah pencegahan dini, tindakan preventif, dan deteksi, serta pemetaan ancaman sudah dilakukan oleh satuan-satuan di wilayah. Tetapi, saat ditanya soal bentuk-bentuk kerawanan dan ancaman yang dipetakan oleh BIN, BG tidak bersedia menjawab. Menurutnya, ancaman yang sudah dipetakan tidak semua dapat disampaikan secara terbuka untuk umum.
 
"Sesuai undang-undangnya, memang ada beberapa hal yang tidak bisa kami sampaikan secara terbuka. Teman-teman sudah tahu, tetapi semua sudah mengambil langkah," katanya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya