Mendagri: Utamakan Bantuan Air Bersih di Garut

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengemukakan, bantuan logistik kepada para korban banjir bandang dan longsor di Garut, Jawa Barat, sudah mulai disalurkan ke daerah tersebut.

Banjir Bandang Rusak Jembatan di Garut, Warga Sekampung Terisolir

"Tentunya kami turut prihatin atas kejadian tersebut. Pasokan logistik bagi para korban sudah berjalan, makanan, selimut dan MCK (mandi, cuci, kakus) juga sudah ada," ujar Tjahjo di Jakarta Utara, Kamis, 22 September 2016.

Selain bantuan pokok tersebut, menurut Tjahjo, pihak terkait mestinya  memperbanyak dan mengutamakan pasokan air bersih di lokasi bencana. Sebab, usai bencana tersebut banyak korban selamat yang terkena penyakit akibat sanitasi buruk.

2 Nelayan Ditemukan Selamat Usai Terseret Banjir Bandang Garut Selatan

"Untuk bantuan makanan dan lainnya saya rasa masih mencukupi, namun pasokan air bersih harus diutamakan karena air bersih jadi kebutuhan utama yang menunjang bantuan makanan yang ada," katanya.

Banjir bandang dan longsor melanda wilayah Garut Jawa Barat, Rabu dini hari, 21 September 2016. Bencana tersebut memutus akses jalan Bandung-Garut dan merusak jalan, rumah serta kendaraan yang dilalui longsoran. Tercatat, setidaknya 23 korban ditemukan meninggal.

Jokowi Tugaskan Menteri Teten Datangi Garut
VIVA Militer: Pangdam III/Siliwangi Kabupaten Garut pasca bencana banjir bandang

Paten, Gerak Cepat Jenderal Kopassus Terobos Wilayah Bencana di Garut

Sembilan desa di dua kecamatan, Kabupaten Garut, diterjang banjir bandang.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021