Ketua MPR Minta Masyarakat Lebih Peduli Banjir Bandang Garut

Rumah-rumah rusak akibat diterjang banjir bandang di Garut pada Selasa malam, 20 September 2016.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA.co.id – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan mendalam atas bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Garut, Jawa Barat. Apalagi banjir itu diketahui sampai menelan korban jiwa, sedikitnya dilaporkan sudah 23 orang meninggal dunia.

Ngeri! Imbas Banjir Bandang di Lahat Sumsel, 6 Kecamatan dan 3 Desa Terendam 

"Berduka untuk saudara-saudaraku korban Banjir Bandang di Garut. Saya mendoakan keluarga korban semoga diberikan kesabaran dan ketabahan," kata Zulkifli melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 22 September 2016.

Ia berharap semua korban hilang segera ditemukan dan prioritas tanggap bencana segera diterapkan di wilayah itu. "Serta dilaksanakan evakuasi dan penanganan segera untuk wilayah terdampak," kata Zulkifli lagi.

Paten, Gerak Cepat Jenderal Kopassus Terobos Wilayah Bencana di Garut

Ketua Umum PAN ini juga mengajak semua pihak untuk terlibat membantu pemulihan bencana terutama bagi korban dari aspek fisik hingga psikologis.

"Sudah banyak lembaga sosial yang menerima penyaluran bantuan untuk korban bencana. Ini positif karena lebih banyak yang terlibat dan akan lebih bermanfaat untuk menolong korban," kata Zulkifli.

Banjir Bandang Rusak Jembatan di Garut, Warga Sekampung Terisolir

Sebelumnya, banjir bandang menerjang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa malam, 20 September 2016. Lebih dari 200 rumah dilaporkan hancur dan sejumlah korban hilang masih dalam pencarian.

Banjir Bandang Terjang OKU Selatan, Sumatera Selatan

Detik-detik Rumah Warga Hancur Diterjang Banjir Bandang di OKU Selatan

Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, pada Rabu pagi, 5 Juli 2023,

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2023