Jalan Penghubung Pangandaran-Banjar-Tasikmalaya Putus

Batu besar dan timbunan tanah yang menutup akses jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Pangandaran menuju Kota Banjar dan Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (21/9/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Iwan Mulyadi

VIVA.co.id – Jalan alternatif penghubung antara Kabupaten Pangandaran menuju Kota Banjar dan Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat tepatnya Dusun Cikadu, Desa Bangunjaya, Kecamatan Langkaplancar lumpuh lantaran terhalang bongkahan batu besar.

Longsor di Sibolangit, Akses Jalan Medan-Karo Terputus

Salah seorang relawan Potensi SAR Pangandaran, Dayat, mengatakan bongkahan batu tersebut berasal dari material longsoran tebing yang sebelumnya mengalami erosi.

"Warga kini kesulitan melakukan aktivitas. Padahal jalur tersebut merupakan jalur utama yang menghubungkan ke daerah lain,” kata Dayat, Rabu, 21 September 2016.

Jalan Penghubung Baturaja-OKU Selatan Putus Total

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah desa setempat dan Kecamatan untuk meminta kepada pemerintah daerah mendatangkan alat berat.

Ketua Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Pangandaran, Ocid Sutan Abdul Rosid, mengatakan saat ini relawan segera melakukan evakuasi ke lokasi tersebut.

Longsor Timpa Jalan di Garut, Jalur Singajaya-Banjarwangi Terputus

“Kami telah siapkan personel untuk menuju lokasi sambil menunggu alat berat,” katanya.

Berdasarkan pantauan, lokasi tersebut saat ini tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, namun hanya bisa dilalui kendaraan motor saja.

Soetantyo Foundation gelar penanaman 1000 bibit bakau di Pantai Mertasari, Bali

Cegah Erosi, Pantai Mertasari Bali Tanam 1000 Bibit Bakau

Penanaman bibit bakau ini juga didukung oleh desa adat Intaran di Bali, melalui manajemen Taman Inspirasi, Pantai Mertasari.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2023