Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Ilustrasi hujan dan angin kencang.
Sumber :
  • REUTERS/Romeo Ranoco

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di kawasan barat daya dan selatan Indonesia, agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem.

Hujan Disertai Angin Kencang Terjang Depok, Pohon-Tiang Listrik Bertumbangan

BMKG hari ini, Selasa, 20 September 2016, mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas lebat dan disertai angin kencang dan petir, yang diprakirakan terjadi esok hari, Rabu, 21 September 2016.

Cuaca ekstrem itu diramalkan terjadi di Propinsi Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kepulauan Riau.

Rumah di Tangerang Ambruk Diterjang Hujan Angin, Terdengar Seperti Gemuruh

Berdasarkan pengamatan terhadap kondisi atmosfer, kondisi ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Sebab, BMKG memantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir, dan angin kencang di sekitar Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Nusa Tenggara, sampai 22 September 2016.

"Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, banjir bandang, pohon tumbang dan jalan licin," demikian keterangan BMKG dalam situs resmi mereka.

Hujan Angin Landa Tangerang Selatan, Pohon Tumbang Timpa Bangunan

Selain itu, khusus pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir, "Diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi antara 2,5-4 meter."

Gelombang tinggi ini diprakirakan terjadi di Laut Andaman, Perairan barat Sabang, Perairan Enggano-barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Samudera Hindia barat Sumatera-selatan NTB, Perairan selatan Jawa - Pulau Sumbawa, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, dan Selat Alas bagian selatan. (ase)

Cuaca mendung di Jakarta.

Akhir Pekan, Sejumlah Wilayah RI Bakal Diguyur Hujan Hingga Angin Kencang

BMKG menyampaikan peringatan dini di sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Sabtu ini

img_title
VIVA.co.id
1 April 2023