Jelang Pilkada Suhu Politik Papua Memanas

Ilustrasi/Warga Papua
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Gubernur Papua, Lukas Enembe menemui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Pertemuan ini membahas Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang sebelumnya dikeluarkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis

"Jadi, beliau laporkan situasi keamanan di sana jelang Pilkada. Karena, dari Indeks Keamanan Pemilu yang dilansir Bawaslu, kan Papua termasuk yang tinggi (kerawanannya), kemudian Aceh juga," kata Wiranto di Kantor Menkopolhukam, Jakarta, Senin 19 September 2016.

Mantan Panglima ABRI ini menjelaskan, meski IKP di Papua tinggi bukan berarti masyarakat Papua harus khawatir. "Justru, merupakan ini bagian dari kewaspadaan. Akan kita turunkan pada saat Pilkada," ujarnya.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Purnawirawan jenderal bintang empat ini mengungkapkan, dia telah mendapat laporan berbagai langkah yang dilakukan Gubernur Papua untuk menurunkan suhu politik jelang Pilkada. 

"Tadi, pak Gubernur laporkan ke saya bahwa saat ini sudah cukup kondusif. Walapun cukup memanas, tetapi tidak sampai menuju ke suatu konflik horizontal yang mengkhawatirkan. Kita bersyukur tidak sampai ke situ," paparnya.

Anak Buah Prabowo Diplot jadi Cawagub Muzakir Manaf di Pilkada 2024

Mantan Ketua Umum Partai Hanura ini menambahkan, dia juga telah menginstruksikan, agar Gubernur Papua untuk terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan pihak keamanan. 

"Sehingga, setiap saat, kalau terjadi sesuatu hal yang membuat IKP menjadi tinggi lagi, saya kira bisa langsung ditekan," katanya. (asp)
 

Idham Holik, Anggota KPU RI.

KPU: Caleg Terpilih Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Komisioner KPU RI Idham Holik menyebut pengunduran diri dari anggota dewan bersifat wajib jika maju Pilkada 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024