Jembatan Gantung Rusak, Warga Cadas Bodas Nekat Tantang Maut

Seorang warga Dusun Cadas Bodas Garut nekat menyeberangi jembatan gantung yang nyaris ambruk akibat diterjang arus sungai, Senin (19/9/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Warga Dusun Cadas Bodas kini setiap hari harus menantang maut akibat rusaknya jembatan penghubung desa mereka lantaran diterjang derasnya arus sungai.

Jembatan Besi dan Jembatan Gantung di Jambi Putus Diterjang Banjir

Rusaknya Jembatan Rawayan Kalong yang menghubungkan Dusun Cadas Bodas dan Desa Mekarmukti Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut terjadi sejak Jumat, 16 September 2016. Belum ada upaya perbaikan sejauh ini.

Menurut warga, jalur alternatif memang ada. Namun harus menerobos hutan dan jaraknya sangat jauh sehingga sulit untuk dijadikan pilihan.

Jembatan Gantung yang Jadi Akses Warga Hancur Diterjang Banjir Bandang di Jambi

"Sekarang airnya besar, untuk menyeberang banyak warga yang nekat," kata Budiman Yunus tokoh pemuda setempat, Senin, 19 September 2016.

Saat ini, akibat kondisi jembatan Rawayan rusak, aktivitas warga menjadi terganggu. Hasil bumi menjadi tidak bisa dikirmkan. Lewat jalur alternatif, biaya transportasi naik hingga tiga kali lipat.

Jembatan Gantung Ambruk saat Lomba 17-an, Puluhan Warga Berjatuhan ke Sungai

"Warga kini sebagian hanya bisa diam, Kalaupun menyeberang tidak membawa barang apapun," kata Budiman.

Tak cuma itu, sejumlah pelajar sekolah kini terpaksa berdiam di rumah lantaran takut memaksa nekat untuk menyeberang jembatan yang telah rusak. "Memang kondisinya sangat berbahaya warga hanya bisa pasrah sambil menunggu bantuan," katanya.

Ilustrasi penerima bansos PKH

Indef Kritik Kebijakan Bansos: Anggaran Naik Terus, Kemiskinan Cuma Turun 2,3 Persen Sejak 2010

Direktur Eksekutif Indef, Esther Sri Astuti mengatakan, penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah tidak efektif dalam hal mengurangi kemiskinan di masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024