50 Juta Lebih Batang Rokok Ilegal Masuk Makassar

Dirjen Bea dan Cukai Sulawesi menunjukkan salah satu contoh rokok ilegal tanpa pita cukai yang tertangkap di Makassar. Tercatat sepanjang 2016, sudah ada 52 juta batang rokok masuk ke daerah ini, Senin (19/9/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sahrul Alim

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Bea Cukai Sulawesi kembali menyita jutaan batang rokok ilegal yang dimasukkan lewat Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Rencananya, rokok tanpa pita cukai ini akan diedarkan untuk wilayah Sulawesi dan papua.

Geledah Dua Lokasi di Jepara, Bea Cukai Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

"Tiga kali pengiriman, pertama 38 dos, 107 dos dan terakhir kami sita 147 dos. Total sekitar 5 juta batang lebih," kata Kabid Penindakan dan Penyidikan Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi, Agus Amijaya, Senin, 19 September 2016.

Atas penangkapan itu, maka tercatat sepanjang 2016, setidaknya sudah ada 52 juta batang rokok ilegal yang telah masuk ke Makassar dan tertangkap.

Bea Cukai Cilacap Bakar 1,8 Juta Rokok Ilegal yang Rugikan Negara Rp 1,2 Miliar

Hingga saat ini, pihaknya mengaku masih melakukan pengembangan kasus rokok ilegal ini. Sebanyak tiga orang dari pemilik kontainer masih menjalani pemeriksaan di Kantor Bea Cukai.

"Belum ada tersangka, tapi sudah ada tiga orang yang kita mintai keterangan. Pelanggarannya karena rokok ini tidak memiliki pita cukai, ada juga menggunakan pita palsu dan bekas pakai," ujarnya menambahkan.

Gandeng Pemerintah Daerah, Bea Cukai Gelar Operasi Gempur Rokok Ilegal Tahap Dua

(mus)

Bea Cukai Edukasi Masyarakat Lewat Sosialisasi

Bea Cukai Edukasi Masyarakat Tentang Rokok Illegal Lewat Sosialisasi

Sebagai wujud komitmen menekan peredaran rokok illegal, Bea Cukai Makassar bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Maros memberikan sosialisasi & edukasi

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2023