Tiga TKI Dilaporkan Tewas Ditembak Polisi Malaysia

Ilustrasi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Tiga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dilaporkan tewas tertembak Polisi Diraja Malaysia. Jasad ketiga TKI tersebut saat ini dikabarkan masih berada di Rumah Sakit Johor Malaysia.

Ada yang Lebih Ditakuti TKI di Malaysia Ketimbang Corona

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja (Penta) Disnakertrans Kabupaten Sumbawa, Zainal Arifin yang dikonfirmasi mengakui kejadian tersebut. Kata dia, dari informasi yang diterima, tiga TKI yang tewas tertembak bernama Burhanuddin asal Desa Tarusa Kecamatan Buer; Firmansyah warga Desa Kalabeso Kecamatan Alas; dan Irwan Hidayat dari Desa Juru Mapin. 

“Kami sudah menghubungi pihak keluarga dan membenarkan ketiganya berada di Malaysia,” katanya, Minggu, 18 September 2016.

TKI Lombok Disiksa Majikan di Arab Saudi, Calo Jadi Tersangka

Meski demikian, lanjutnya, kepastian identitas ketiga jenazah yang saat ini masih berada di rumah sakit di Malaysia tersebut masih terus dikonfirmasi. Dia juga mengaku jika pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan KBRI di Kuala Lumpur.

“Kami hanya ingin mensinkronkan identitas mereka untuk memastikan benar tidaknya jenazah itu adalah pekerja asal Sumbawa. Selain itu kami ingin mendapatkan informasi resmi soal penyebab kematiannya,” ujarnya menambahkan.

Enam Pria Malaysia Dipenjara Sebulan karena Tidak Salat Jumat

Menurut Zainal, jika benar ketiganya merupakan pekerja asal Sumbawa, pihak keluarga berharap jasad mereka dipulangkan untuk dikebumikan di kampung halamannya.

Sejauh ini, ketiga TKI tersebut dimungkinkan berangkat melalui jalur ilegal. Meski demikian, Pemda Sumbawa akan tetap memberikan perhatian kepada mereka. “Apabila benar mereka dari Sumbawa kami akan berupaya memulangkan jenazahnya. Langkah-langkah awal sudah kami lakukan, salah satunya berkoordinasi dengan KBRI melalui BNP2TKI, dan BP3TKI.”

Laporan: Irwansyah/tvOne/Sumbawa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya