Jembatan Gantung Terputus, Dusun Cadas Bodas Terisolasi

Jembatan gantung Rawayan terputus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Akibat hujan yang tak henti-henti sejak Jumat 16 September 2016 kemarin hingga Sabtu 17 September 2016 hari ini mengakibatkan jembatan gantung Rawayan yang menghubungkan Kalong-Cikarang sepanjang 100 meter dan lebar 1,2 Meter, mengalami kerusakan cukup parah.

Sungai Meluap dan Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Semarang Kebanjiran

Akibatnya, akses ke Dusun Cadas Bodas, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut Jawa Barat terputus. Menurut tokoh pemuda sekaligus guru pengajar SMP Satu Atap I, Kecamatan Cibalong, Budiman Yunus, sekitar 120 Kepala Keluarga yang menghuni Dusun Cadas Bodas saat ini hanya bisa berdiam diri di rumah.

Tak hanya itu, sekitar 50 siswa SD, SMP dan SMA sejak hari ini tak masuk sekolah. "Ya, tidak ada akses jalan menuju wilayah lain dari Dusun Cadas Bodas, kalaupun ada jaraknya sangat jauh menerobos kebun dan hutan, " ujarnya, Sabtu 17 September 2016.

Ratusan KK di Bekasi Dikepung Banjir Setinggi 3 Meter

Jembatan gantung tersebut selain merupakan akses utama aktivitas warga, juga sebagai jalur pengiriman hasil bumi warga setempat. Warga mulai kebingungan untuk membawa hasil bumi seperti pisang, kayu bakar, arang, serta hasil bumi lainnya.

"Tidak ada jalur lain kalau untuk pengiriman hasil bumi, yah kalau jalan kaki bisa menerobos hutan untuk keluar dari dusun," kata Budiman.

Hujan Deras Landa Kota Malang, 6 Pohon Tumbang Satu Menimpa Mobil

Lanjut Budiman, saat cuaca hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan air sungai Kalong-Cikarang naik dan merusak penyangga jembatan Rawayan. Akibat hujan sepanjang malam air sungai meluap hingga mencapai 10 meter dan merusak kayu penyangga jembatan Rawayan.

"Selain kondisi jembatan yang sudah tua, juga akibat luapan air sungai yang tinggi sehingga jembatan mengalami kerusakan. Beruntung luapan air sungai terjadi malam hari sehingga sehingga jembatan rusak saat warga belum beraktivitas," kata Budiman.

Banjir melanda Kota Lismore setelah hujan lebat melanda bagian timur laut New South Wales, Australia, Senin (28/2/2022).

Puluhan Ribu Warga Australia Dievakuasi Saat Hujan Deras Guyur Sydney

Sebelas orang tewas sejak cuaca ekstrem itu tiba akhir pekan lalu menyebabkan pusat-pusat kota terendam air.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022