Kebakaran Landa 1.037 Hektare Lahan di Palangkaraya

Ilustrasi kebakaran hutan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA.co.id – Kebakaran hutan dan lahan masih melanda sejumlah lokasi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Hingga Sabtu 17 September 2016, terdapat 1.037 hektare lahan yang terbakar.

Polri Sebut Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan Turun

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palangkaraya Kalimantan Tengah Sahri Tarigan, dalam wawancara dengan tvOne, Sabtu.

Menurut Sahril, titik panas masih bermunculan di Palangkaraya. Hingga saat ini, terdapat 111 titik api. "Titik api terus baru terus muncul, apalagi pada hari libur banyak muncul (titik api)," ujarnya.

Cara Kapolri Jenderal Sigit Minimalisir Kebakaran Hutan dan Lahan

Untuk menanggulangi kebakaran, kata dia, pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas). Petugas terus intensif melakukan pemadaman, baik melalui darat maupun udara.

Dia menduga lahan-lahan itu sengaja dibakar. Saat ini, lanjut dia, ada 18 orang tersangka yang diduga terlibat dalam kebakaran itu.

Titik Api Meningkat, Kalimantan Barat Mulai Diselimuti Kabut Asap

Sementara itu, cuaca di wilayah tersebut saat ini diprediksi memasuki awal musim hujan. Meski  telah masuk musim hujan, namun hujan yang turun masih hujan ringan.

"Awal musim hujan, tidak serta merta hujan terus," ujar Kepala Subdit Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Hari Tirto Djatmiko. (asp)

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo

Cara Irjen Dedi Agar Anak Buahnya Cepat Cegah Karhutla di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo melaksanakan apel gelar sarana prasarana (sarpras) penanggulangan karhutla.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2021