TUTUP
TUTUP
NASIONAL

BMKG: Waspada Hujan Lebat di Sumatera dan Jawa

Hujan lebat diprakirakan turun pada 16-19 September 2016.
BMKG: Waspada Hujan Lebat di Sumatera dan Jawa
Petugas BMKG tengah menganalisis prakiraan cuaca/Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

VIVA.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyerukan, agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat yang bakal turun di Sumatera dan Jawa dalam beberapa hari ini.

Kepala Subdit Informasi BMKG Hari Tirto Djatmiko mengemukakan, informasi yang diterimanya  menyebutkan daerah Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah bagian barat, turun hujan sejak semalam hingga sekarang.

"Beberapa (lokasi) di Pantai Utara Jawa (Pantura) terjadi genangan dan banjir, karena hujan turun lebih dari tiga jam," ujarnya dalam perbincangan dengan tvOne, Sabtu 17 September 2016.

Sementara itu, BMKG melalui situsnya melansir hujan lebat diprakirakan akan turun pada 16-19 September 2016. Hujan diprakirakan akan turun di Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Pesisir Selatan Pulau Jawa.

Warga diminta hati-hati terhadap dampak yang bisa muncul akibat hujan lebat itu, seperti banjir dan longsor.

Selain itu, warga juga mesti waspada terhadap potensi gelombang laut tinggi, dengan ketinggian antara 2,5 - 4,0 meter. Gelombang tinggi itu berpotensi terjadi di wilayah Laut Andaman, Perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Perairan selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Bali. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP