BMKG: Waspada Hujan Lebat di Sumatera dan Jawa

Petugas BMKG tengah menganalisis prakiraan cuaca/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

VIVA.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyerukan, agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat yang bakal turun di Sumatera dan Jawa dalam beberapa hari ini.

PPKM Dicabut hingga Ferdy Sambo Batal Gugat Jokowi dan Kapolri

Kepala Subdit Informasi BMKG Hari Tirto Djatmiko mengemukakan, informasi yang diterimanya  menyebutkan daerah Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah bagian barat, turun hujan sejak semalam hingga sekarang.

"Beberapa (lokasi) di Pantai Utara Jawa (Pantura) terjadi genangan dan banjir, karena hujan turun lebih dari tiga jam," ujarnya dalam perbincangan dengan tvOne, Sabtu 17 September 2016.

Prakiraan Cuaca BMKG 4 Desember: 22 Daerah Waspada Hujan Lebat, Jakarta Pagi Berawan

Sementara itu, BMKG melalui situsnya melansir hujan lebat diprakirakan akan turun pada 16-19 September 2016. Hujan diprakirakan akan turun di Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Pesisir Selatan Pulau Jawa.

Warga diminta hati-hati terhadap dampak yang bisa muncul akibat hujan lebat itu, seperti banjir dan longsor.

Puan: Prakiraan Cuaca dari BMKG Harus jadi Acuan Produksi Tani

Selain itu, warga juga mesti waspada terhadap potensi gelombang laut tinggi, dengan ketinggian antara 2,5 - 4,0 meter. Gelombang tinggi itu berpotensi terjadi di wilayah Laut Andaman, Perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Perairan selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Bali. (asp)

VIVA Militer: KRI Makassar-590 angkut logistik ke Pulau Karimun Jawa

Atasi Cuaca Ekstrim, KSAL Kerahkan KRI Makassar-590 untuk Kirim Logistik ke Pulau Karimun Jawa

Kapal perang TNI AL itu membawa BBM, beras, serta kebutuhan pokok lainnya yang mengalami kelangkaan akibat penyeberangan terganggu ombak besar

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2023