Media Sosial Jadi Salah Satu Bahasan di Forum Pers Sedunia

Dewan Pers
Sumber :
  • Raudhatul Zannah / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Forum Pers Sedunia atau Jakarta World Forum for Media Development (WFMD) 2016 diharapkan mampu memperluas jaringan para jurnalis, akademisi, dan pegiat media terhadap tokoh serta pakar media internasional. 

Sepanjang 2023 Dewan Pers Terima 813 Aduan Kasus Pers, 97,7% Telah Diselesaikan

"Pasalnya, media tradisional ditantang oleh media digital. Fenomena yang disertai bangkitnya media sosial serta generasi Y," kata Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ninok Leksono di Jakarta, Kamis, 15 September 2016.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan, Jakarta World Forum merupakan prestasi untuk Indonesia. Melalui ini, para jurnalis, akademisi, dan pegiat media dapat berdiskusi dan membahas secara mendalam isu-isu jurnalisme di Indonesia dalam kancah internasional.

Soal Sengketa Pemberitaan, Dewan Pers Perintahkan Tempo Minta Maaf ke Bahlil

"Kita berharap bisa mendapatkan perspektif dan komparasi menyangkut independensi media, konglomerasi media, perkembangan media sosial, efek pengembangan teknologi digital, dan isu terorisme," kata Yosep.

Jakarta WFMD 2016 ini diselenggarakan oleh Global Forum for Media Development (GFMD) bekerja sama dengan Dewan Pers dan UMN. Seluruh rangkaian diskusi dan konferensi akan dilaksanakan di kampus UMN, Tangerang, Banten pada 20-22 September 2016.

Stafsus Ungkap Bahlil Keberatan Difitnah Lakukan Permainan Izin Tambang

WFMD 2016 akan menghadirkan lebih dari 80 pembicara dari mancanegara, 15 di antaranya dari Indonesia. Diskusi dibagi menjadi lima sub tema, yaitu media di Asia, ekstremisme, media dan bisnis, khalayak media, dan teknologi.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu

Dewan Pers Ungkap Banyak Terima Keluhan tentang Media dari Institusi Kementerian

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengaku masih sering mendapatkan keluhan tentang produksi pemberitaan yang lebih banyak datang dari institusi seperti kementerian.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024