Ratusan Titik Api Masih Membara di Kalimantan

Ilustrasi/Peta penyebaran titik api di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Ratusan titik api masih bermunculan di Kalimantan. Setidaknya sudah sepekan berjalan, penyebab bencana dan lahan ini tak kunjung bisa dipadamkan.

Geger Puluhan Ular Cobra dan Anak-anaknya Mati Terbakar di Lahan Bogor

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan hingga Kamis, 15 September 2016, terpantau ada 81 titik api di Kalimantan Barat dan 68 titik api di Kalimantan Tengah.

Dilaporkan Sutopo, dari pantauan citra satelit Himawari yang dirilis Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika, sejak Rabu, 14 September 2016, di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah sudah terjadi kepulan asap.

Sahroni Minta Polri All Out usut Kasus Karhutla: Tak Mungkin Murni Faktor Cuaca

Sumbernya masih di lahan dan hutan yang sama pada saat kebakaran terjadi pada tahun 2015. Dampak asapnya pun sudah meluas hingga memasuki kawasan Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia.

Malaysia Kirim Surat Soal Kabut Asap, Jokowi: Saya Sudah Perintahkan Panglima, Kapolri, dan Pemda

Bencana dan lahan di Indonesia merupakan fenomena berulang. Sudah berjalan hampir 20 tahun, bencana ini merugikan publik dan kehidupan sosial, ekonomi masyarakat bahkan hingga ke hubungan antarnegara.

Tahun 2015, setidaknya tercatat kerugian negara akibat kejadian ini menembus Rp242 triliun dengan lebih dari 2,6 juta hektare lahan hilang terpanggang dan lebih dari 40 juta orang terpapar kabut asap. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya