Kapolri Usulkan Polda Sumbar dan Maluku Jadi Tipe A

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • REUTERS/Tom Heneghan

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian akan mengusulkan kembali Polda Sumatera Barat dan Polda Maluku untuk menjadi Polda tipe A. Alasannya, wilayah itu rawan terkait aksi tindakan kejahatan.

Polda Sulteng Naik ke Tipe A, Kini Dipimpin Irjen

"Kalau (tipe A) naik bintang dua (Kapoldanya). Maka wakilnya bintang satu untuk mengakomodir supaya jangan banyak di Mabes, tapi kita dorong di Polda-Polda," kata Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 13 September 2016.

Menurut Tito, saat ini sudah ada tiga Polda yaitu Polda Lampung, Polda Riau, dan Kepulauan Riau yang sedang di proses di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi agar bisa menjadi Polda tipe A.

Empat Polda Akan Naik Tipe A, Ini Penjelasan Polri

Tak hanya itu, usulan dari Mabes Polri terkait adanya penambahan jumlah Polres di seluruh Indonesia, serta dinaikkannya tipologi Polres.

"Seperti di Bogor, Sidoarjo, yang sekarang  AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi), tapi penduduknya banyak di sana. Ada Istana Presiden, otomatis kita naikkan jadi Kombes nantinya," ujarnya.

Kapolri akan Resmikan 3 Polda Tipe A

Sejauh ini, sudah ada dua Polda yang baru dinaikkan dan diresmikan menjadi tipe A yaitu Polda Kalimantan Barat, dan Polda Sulawesi Utara.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono

Bertemu Menko Polhukam, Kapolri Bahas Kenaikan Tipe 7 Polda

Pertemuan juga membahas rencana pembentukan Kabahumas.

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2019