Budi Waseso: Setiap Hari 50 Orang Meninggal karena Narkoba

profil tokoh Budi Waseso
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso, menjadi salah satu pemateri di sekolah partai calon kepala daerah PDI Perjuangan, Sabtu malam 10 September 2016. Di hadapan puluhan calon kepala daerah, Buwas, sapaan akrab Budi Waseso, memberi materi tentang bahaya narkoba.

Berhasil Bongkar Pabrik PCC, Buwas Cs Diganjar Penghargaan

Buwas mengatakan masalah narkoba menjadi ancaman terbesar bangsa. "Setiap hari 40 sampai 50 orang meninggal akibat narkoba," ujar Buwas di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat.

Mantan Kabaresrim Polri itu membeberkan jika semua elemen bangsa telah dirasuki oleh narkoba. Mulai dari anggota parlemen, kepala daerah, bahkan penegak hukum itu sendiri.

Pensiun dari Kepala BNN, Buwas 'Main' Kopi Ganja

Pada tahun 2015, BNN menyita 6 ton narkoba, yang secara hitungannya dikonsumsi oleh 30 juta jiwa. Namun, ternyata jumlah itu hanya 20 persen dari yang beredar.  "Narkoba perangnya silent, matinya pasti," tambahnya.

Besarnya jumlah narkoba yang masuk ke Indonesia, kata Buwas, seiring dengan potensi pasar yang besar. Untuk itu, dia pun mengajak seluruh kepala daerah, agar ikut berperan memberantas narkoba di wilayah masing-masing.

Buwas Segera Pensiun dari BNN, Siapa Penggantinya?

"Masalah narkoba ini tidak hanya bisa diatasi BNN, tapi juga kepala daerah," kata dia.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf

Ketua BKSAP: Narkoba Lebih Berbahaya dari Teroris

Korban jiwa karena narkoba meningkat setiap harinya.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2018