Produsen dan Distributor Obat Diminta Sertifikasi

Tim Polisi dan BPOM saat Sidak Obat-obat Kedaluwarsa beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Sekjen Ikatan Apoteker Indonesia, Noffendri, menilai sistem distribusi obat di Indonesia belum tertib. Sehingga orang mudah untuk mendapatkan obat termasuk obat palsu.

"Kami sarankan ke pemerintah agar sarana produksi, distribusi, dan sarana kesehatan harus disertifikasi," kata Noffendri di Jakarta, Sabtu 10 September 2016.

Ia menambahkan melalui sertifikasi, maka distribusi, pelayanan kesehatan, pengadaan obat dan penyalurannya bisa dipantau. Sehingga tiap ada pengadaan dan penyaluran bisa terdokumentasi dengan baik.

BPOM Pastikan Air Kemasan Galon Guna Ulang Aman

"Sertifikasi jadi semacam perpanjangan izin. Kalau sertifikasinya tak bagus maka izinnya jangan diperpanjang. Sehingga bisa mencegah masuknya produk ilegal lewat sistem legal," kata Noffendri.

Menurutnya, distribusi juga harus bekerjasama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan dinas kesehatan provinsi, serta organisasi apoteker. Sehingga bisa menjaga distribusi dan pelayanan dari praktik penjualan obat ilegal.

Virus Corona Bikin Peredaran Obat-obatan dan Alat Medis Palsu Melonjak

"Kami terima laporan peredaran obat palsu, tapi pembuktiannya bukan ranah kami. Tapi kami sampaikan ke BPOM dan koordinasi ke dinas kesehatan. Kami bantu pemerintah terima laporan sebab masyarakat pasti bingung mau melapor ke mana," kata Noffendri.

Ilustrasi obat-obatan.

Wamenkes Vietnam Diduga Terlibat Perdagangan Obat Palsu

Kepolisian Vietnam menuntut wakil menteri kesehatan lantaran diduga terlibat dalam jaringan perdagangan obat palsu.

img_title
VIVA.co.id
5 November 2021