Kivlan Zein Klaim WNI Sandera Abu Sayyaf Dilepas Pekan Depan

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zen.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Salah satu negosiator pembebasan sandera dari kelompok Abu Sayyaf, Mayjen (Purn) TNI Kivlan Zein, mengklaim dapat informasi mengenai pembebasan sembilan warga Indonesia yang masih jadi sandera kelompok itu, akan dibebaskan pekan depan.

Ternyata TNI Ikut Terlibat Selamatkan 4 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Itu dikatakan Kivlan saat ikut Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden RI Joko Widodo, dalam kunjungan ke pusat grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, sore tadi, 9 September 2016.

"Insya Allah waktu dekat. Mungkin minggu depan. Sudah sepakat (dibebaskan)," kata Kivlan di sela-sela kunjungan tersebut.

Anggota DPR Respons Penyelamatan 3 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Kivlan mengaku, diplomasi yang dilakukan untuk upaya pembebasan ini tidak terang-terangan. Salah satu upaya ini dilakukan melalui anak kandung pimpinan Moro National Liberation Front, Nur Misuari, yang bernama Abdul Karim. Mereka bertemu dengan salah satu staf Duterte bernama Jesus Dureza.

"Saya mendorong dari belakang. Sama bapaknya (Misuari), Duterte sudah omong. Lalu dia (Misuari) kirim anaknya untuk cakap-cakap dengan Duterte tapi enggak langsung, melalui Dureza," jelasnya.

Seorang WNI yang Diculik Abu Sayyaf Belum Diketahui Nasibnya

Dengan diplomasi itu, Kivlan memastikan, sembilan WNI yang masih disekap Abu Sayyaf akan segera dibebaskan dengan selamat. "Duterte datang, saya datang. Sandera kita kan mau lepas yang sembilan orang. Doakan," jelasnya.

WNI yang masih disandera saat ini merupakan awak kapal tunda Charles yang disandera sejak akhir Juni lalu. Selain itu, ada tiga WNI awak kapal pukat tunda LD/114/5S berbendera Malaysia milik Chia Tong Lim. Awak kapal ini disandera sejak 9 Juli 2016.

Ilustrasi - Karyawan memeriksa kondisi suhu envirotainer berisi bahan baku vaksin COVID-19 buatan Sinovac saat tiba di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 20 Juni 2021.

Kaleidoskop 2021: Lonjakan COVID-19, KRI Nanggala hingga Herry Cabul

Sepanjang 2021, terjadi berbagai peristiwa yang menjadi perhatian, mulai dari lonjakan kasus COVID-19, tenggelamnya KRI Nanggala-402 hingga terkuaknya kasus asusila.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021