Hujan Deras, Perumahan di Depok Kembali Kena Banjir

ilustrasi banjir
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA.co.id – Akibat guyuran hujan yang cukup deras sejak sore, beberapa wilayah perumahan di kota Depok kembali terendam banjir. Di beberapa titik, ketinggian air bahkan lebih dari satu meter.

Prediksi Cuaca Buruk 12 Januari, Ini Tips Antisipasi Jika Banjir Lagi

Berdasarkan data yang dihimpun VIVA.co.id, pada Rabu malam, 7 September 2016, sejumlah wilayah yang terendam banjir antara lain, Perumahan Taman Duta Cimanggis, Perumahan Pondok Sukmajaya, Perumahan D'Maple, Pancoran Mas, Perumahan Pondok Tirta Mandala, Kawasan Citayam, Cilodong dan Perumahan Mutiara Depok.

Aji, salah satu warga di kawasan Pancoran Mas mengatakan, banjir yang terjadi di pemukiman D'Maple diduga disebabkan drainase yang kurang layak.

Dampak Cuaca Ekstrem, Bencana Longsor dan Banjir Meningkat

Selain itu, adanya alih fungsi lahan yang seharusnya menjadi ruang terbuka hijau justru menjadi lahan pemukiman. "Ini hampir tiap hujan deras tiba pasti banjir. Ini harus segera dicarikan solusinya," kata Aji kepada VIVA.co.id.

Tak jauh berbeda, Fidhian, salah satu warga Taman Duta juga mengatakan hal serupa. Ia mengeluhkan banjir seolah menjadi tamu bulanan yang kerap datang saat musim penghujan tiba.

Longsor Timbun Petani di Brebes, 11 Orang Hilang

"Warga di sini sudah sering mengajukan perbaikan drainase dan pengerukan kali. Tapi sampai sekarang belum ada realisasi dari Pemkot Depok," ujarnya.

Sementara itu, saat ini Pemerintah Kota Depok telah mengerahkan sejumlah mobil pemadam kebakaran untuk menyedot air banjir yang terjadi di sejumlah wilayah tersebut.

Ilustrasi hujan

BMKG: Waspada Hujan Lebat Dalam Sepekan ke Depan

Hujan lebat berpotensi turun di Jabodetabek pada 17-19 Januari 2020.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2020