Negaranya Perang, 10 Warga Somalia Tertangkap di Lampung

Ilustrasi warga Somalia
Sumber :
  • Dok. Save the Children

VIVA.co.id – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni Lampung, mengamankan 10 orang warga negara asing asal Somalia, Selasa, 6 September 2016. Mereka tak bisa menunjukkan kelengkapan administrasi berupa visa dan paspor untuk perjalanan.

Ratusan PMI di Inggris Diduga Jadi Imigran Gelap, Mahfud MD Didesak Bantu

Dari pemeriksaan, 10 WNA ini mengaku masuk ke Indonesia lewat Malaysia lalu menuju Provinsi Medan kemudian melanjutkan dengan bus menuju Lampung. Seluruh WNA itu rupanya hendak menemui lembaga yang menangani para pengungsi, International Organization of Migration (IOM) di Jakarta.

"Di negaranya sedang terjadi perang, sehingga mereka pergi untuk mencari suaka negara lain," kata Kepala Kantor Imigrasi Kalianda Lampung, Edy Firyan.

Cegah Migrasi Ilegal, Turkiye Wajibkan Pelancong Miliki Asuransi Perjalanan

Namun demikian, lantaran seluruh WNA Somalia itu tak memiliki kelengkapan dokumen. Seluruhnya harus ditahan untuk menjalani pemeriksaan  lebih lanjut. Rencananya seluruh WNA itu akan dikirimkan ke rumah detensi di Jakarta.

"Besok Rabu (7/9) kami akan kirimkan para WNA ilegal ini ke Jakarta," katanya.

Warga Negara Australia Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Bali

(mus)

Imigran gelap

Sinergi Bea Cukai Teluk Nibung dan Imigrasi Amankan Imigran Gelap di Peraian Tanjung Jumpul

Sinergi penindakan Bea Cukai Teluk Nibung dan Imigrasi Tanjung Balai Asahan berhasil amankan imigran gelap di wilayah perairan Tanjung Jumpul, pada Sabtu (29/07).

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2023