Syafruddin Siap Jadi Wakil Kapolri

Kalemdikpol Komjen Pol Syafruddin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasar

VIVA.co.id – Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin menyatakan siap ketika ditanyakan soal kemungkinannya menjadi Wakil Kapolri menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan yang dicalonkan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Syafruddin Resmi Jadi Wakapolri

"Tanya kapolri yang punya urusan, sebentar lagi datang. Loh kalau saya siap, tapi tanyakan Pak Kapolri," kata  Sjafruddin di Gedung DPR, Jakarta,

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengirimkan nama Wakapolri Komjen Budi Gunawan untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kepala BIN. Komjen Syafruddin, disebut sebagai calon kuat pengganti Budi Gunawan sebagai Wakapolri.

Pagi Ini Komjen Syafruddin Dilantik Jadi Wakapolri

Sejumlah pihak pun menilai Syafruddin sebagai calon yang terbaik dan sangat cocok menjabat sebagai Wakapolri. Ketua DPR dan anggota komisi III DPR adalah di antara yang menyebut itu.

Ketua DPR RI, Ade Komarudin menyatakan setuju dengan kemungkinan Kalemdikpol Komjen Sjafruddin untuk mengisi jabatan Wakapolri yang akan ditinggalkan oleh Komjen Budi Gunawan (BG).

Wakapolri Pengganti Budi Gunawan Dilantik Besok

"Beliau ini insya Allah iya (menjabat Wakapolri. Tapi jangan mendahului Tuhan. Yang teken Tito (kapolri). Atasan Tito, Presiden. Saya legislatif. Sangat, sangat oke. Mungkin subjektif," kata Ade.

Komjen Syafruddin merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985. Sejumlah jabatan penting pernah dijabat pria kelahiran Ujung Pandang tahun 1961 itu. Diantaranya pernah menjabat Kapolda Kalimantan Selatan, Kepala Divisi Propam Polri, dan terakhir, Ia menggantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kalemdikpol.

Saat masih menjabat Komisaris Besar Polisi tahun 2004, Syafruddin pernah menjabat ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya